Masyarakat dan TNI di Perbatasan Antusias Dalam TMMD di Nunukan

Masyarakat dan TNI di Perbatasan melaksanakan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) di Nunukan (4 Juli-2 Aguatus)

Masyarakat dan TNI di Perbatasan melaksanakan TMMD di perbatasan Nunukan. Masyarakat menyambut dengan antusias Program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke 99  ini di Wilayah Perbatasan Nunukan, Kalimantan Utara.. Hal tersebut dapat dilihat bagaimana antisiasme masyarakat bersama dengan Anggota Kodim 0911 Nunukan pada hari pertama TMMD dilaksanakan.

Bertempat di Desa Srinanti dan Tabur Lestari, Kecamatan Sei Menggaris, Kabupaten Nunukan, Rabu (5/7/2017), ratusan masyarakat dari berbagai kalangan terlihat penuh kegembiraan dalam mengikuti kegiatan-kegiatan, diantaranya: Sosialisasi Kebangsaan, Bakti Sosial dan Pembinaan Baris Berbaris.

Komandan Kodim 0911 Nunukan Let Kol Kavaleri Valian Wicaksono kepada Indeksberita.com mengungkapkan bahwa tujuan TMMD sendiri bukan hanya semata-mata sasaran fisik dan non fisik yang ingin dicapai, melainkan juga untuk memunculkan rasa emosionalisme, simpatik dan empatik satu sama lain khususnya TNI dengan rakyat.Komandan Kodim 0911 Nunukan Let Kol Kav Valian Wicaksono Komandan Kodim 0911 Nunukan Let Kol Kav Valian Wicaksono

“Oleh karena itu, personel yang terlibat dalam Satgas TMMD Wiltas ke 99 Tahun 2017 ini menginap di rumah-rumah warga, dengan harapan bisa merasakan makanan yang dimasak oleh pemilik rumah dan menciptakan rasa kebersaman serta kemanunggalan dengan warga masyarakat Desa,” papar Perwira yang terkenal akrab dengan masyarakat sipil tersebut.

Diantara kegiatan fisik yang berupa perbaikan insfratruktur dan tempat ibadah, TMMD ke 99 kali ini juga menyisir kalangan remaja. Valian menuturkan bahwa sebagai wilayah perbatasan, maka aktualisasi nasionalisme dikalangan para pemuda adalah keniscayaan sebagai generasi yang berada di wilayah garda depan NKRI.

“Diantara kegiatan TMMD 99 di kali ini, kita juga ajak adik-adik khususnya pelajar dan para remaja agar semakin kental rasa nasionalismenya melalui sosialisasi kebangsaan, sosialisasi anti radikalisme dan kegiatan-kegiatan yang bermuara pada kecintaan pada tanah air,” ujarnya.

Para siswa yang mengikuti kegiatan Sosialisasi Kebangsaan, Pelatihan/Peraturan Baris Berbaris dan Penghormatan Militer yang dipusatkan di SMKN 1 Sei Menggaris nampak senang dan antusias mengikuti kegiatan tersebut. Hal itu karena mereka jarang mendapatkan kegiatan serupa di sekolah. . Besar harapan mereka untuk mendapatkan materi wawasan kebangsaan dan latihan bela negara secara berkelanjutan untuk kedepannya.i

Perbaikan jalan di Kec. Sei Menggaris.Perbaikan jalan di Kec. Sei Menggaris.

Untuk kegiatan TMMD ke 99 yang diagendakan mulai 4 Juli hingga 2 Agustus 2017 tersebut dipusatkan di Kecamatan Sei Menggaris. Kedepan Valian mengungkapkan akan dipusatkan di wilayah-wilayah lain dan untuk kegiatan berupa fisik, mungkin dikemas dalam kegiatan yang berbeda.

“Ini adalah kegiatan tahunan, untuk kegiatan tahun depan kita pusatkan di wilayah lain khususnya diwilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga (Malaysia),” pungkas Valian.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR