Melalui Voting Fraksi, Perppu Ormas Resmi Menjadi Undang Undang

Sidang paripuna DPR RI mensahkan, Perppu Ormas resmi menjadi Undang Undang. (Budi)

Hari ini, Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (PERPPU) No 2 tahun 2017, yang lebih dikenal dengan Perppu Ormas resmi menjadi undang undang. Undang-undang ini menggantikan UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang keormasan.

Pengesahan Perppu Ormas menjadi UU dilakukan melalui proses pengambilan keputusan dalam rapat paripurna DPR, pada Selasa (24/10/2017) di Gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Rapat pengambilan keputusan berjalan alot, sehingga keputusan diambil dengan cara voting melalui fraksi. “Pengambilan keputusan melalui voting fraksi dilakukan atas kesepakatan bersama,” ujar Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon.

Voting dilakukan karena ada perbedaan sikap yang sulit untuk mendapat titik temu dalam menyikapi perppu. yang disampaikan oleh fraksi-fraksi di DPR .

Awalnya 3 pandangan dalam menyikapi Perppu. Fraksi PDIP dengan 108 kursi, Golkar dengan 71 kursi, NasDem 23 kursi, dan Hanura 15 kursi, adalah Fraksi yang mendukung penuh agar perppu disahkan menjadi undang-undang. Keputusan ini total didukung oleh 217 kursi atau suara.

Kemudian Fraksi Demokrat dengan 42 kursi, PKB 32 kursi, dan PPP 23 kursi, menerima Perppu Ormas menjadi undang-undang, dengan catatan agar Perppu yang baru saja diundangkan itu direvisi oleh DPR dan pemerintah. Total dukungan terhadap keputusan ini ada 97 kursi atau suara.

Sedangkan Fraksi Gerindra dengan 63 kursi, PAN 41 kursi, dan PKS 27 kursi, dengan tegas menolak Perppu. Keputusan ini didukung seluruhnya oleh 131 kursi.

Walaupun telah disediakan forum lobby selama 2 jam, keputusan berdasarkan musyawarah untuk mufakat belum bisa diambil. Maka pengambilan keputusan dengan cara voting melalui fraksi.

Melalui mekanisme pengambilan keputusan lewat voting melalui Fraksi, maka pimpinan rapat Pleno DPR memutuskan Perppu Ormas menjadi undang-undang. “Dengan mempertimbangkan catatan dari fraksi yang ada, maka Rapat Paripurna hari ini mengesahkan Perrpu Ormas menjadi Undang-Undang,” pungkas Fadli Zon sambil mengetuk pau, menjadikan Perppu Ormas resmi menjadi undang undang

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR