Mutasi dan Promosi 72 Perwira Tinggi TNI, Ini Nama-Nama Mereka

Panglima TNI Hadi Tjajanto melakukan mutasi dan promosi 72 perwira tinggi (Pati) di lingkungan TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU). Mutasi dan promosi Pati ini dilakukan melalui Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/635/VI/2019, 24 Juni 2019 tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Taibur Rahman melalui ketetangan tertulisnya kepada indeksberita.com , Selasa (25/6/2019 mengungkapkan bahwa ketujuh puluh dua Perwira Tinggi TNI yang dimutasi tersebut terdiri dari terdiri dari 34 Pati jajaran TNI AD, 20 Pati jajaran TNI AL, dan 18 Pati jajaran TNI AU.

Terkait dengan mutasi tersebut, Taibur Rahman menyatakan bahwa hal itu adalah lumrah dalam sebuah instansi. Taibur juga menegaskan bahwa mutasi jabatan tersebut dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier Perwira Tinggi, guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis.

‘Mutadi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier Perwira Tinggi, guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis,” tuturnya.

Sementara ketujuh puluh dua nama Perwira Tinggi TNI yang dimutasi tersebut adalah sebagai berikut:

34 Pati TNI Angkatan Darat

Mayjen TNI Taat Agus Budianto dari Pa Sahli Tk. III Bid. Banusia Panglima TNI menjadi Staf Khusus Panglima TNI, Brigjen TNI Darlan Harahap, S.I.P. dari Kakordos Sesko TNI menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Banusia Panglima TNI, Kolonel Arh Nugroho Djati Waluyo dari Kadeplat Sesko TNI menjadi Kakordos Sesko TNI.

Selanjutnya Brigjen TNI Syaharuddin dari Pa Sahli Tk. II Bid. Komsos Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Kolonel Czi Syahyudi dari Paban Utama Ops Sahli Panglima TNI menjadi Pa Sahli Tk. II Bid. Komsos Panglima TNI dan Brigjen TNI Djuhendi Sukmadjati dari Kapuslemasmil Babinkum TNI menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).

Kolonel Cpm Benny Antony Sitohang, S.E., M.Hum. dari Pamen Ahli Bid. Organisasi dan Profesi Puspomad menjadi Kapuslemasmil Babinkum TNI, Brigjen TNI Fulad, S.Sos., M.Si. dari Penmil pada PTRI PBB di New York menjadi Staf Khusus Kasad.

Selanjutnya Kolonel Arm Erlangga dari Paban Utama B-1 Dit B Bais TNI menjadi Athan RI di Riyadh, Saudi Arabia. Mayjen TNI Achmad Supriyadi dari Pangdam XII/Tpr menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Mayjen TNI Herman Asaribab dari Staf Khusus Kasad menjadi Pangdam XII/Tpr dan Brigjen TNI Dr. dr. Sutrisno, S.H., MARS., M.H.Kes. dari Waka Puskesad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).

Kemudian Kolonel Ckm dr. Jajang Edi Prayitno, Sp.B., MARS. dari Pamen Denma Mabesad menjadi Waka Puskesad,  Brigjen TNI Pujo Wahyono, S.Sos. dari Staf Khusus Panglima TNI menjadi Ketua LP2M Unhan, Mayjen TNI Dr. Hipdizah, S.Adm., M.Si. dari Dekan Fakultas Strategi Pertahanan Unhan menjadi Wakil Rektor III Bid. Kerjasama Kelembagaan Unhan.Pertahanan Fakultas Strahan Unhan menjadi Wakil Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Unhan,

Kemudian Kolonel Inf Antonius Bambang Budi W. dari Kabag Lem Roren Setjen Kemhan menjadi Karo Ortala Setjen Kemhan (Orgas Baru),Brigjen TNI Khairully dari Kabinda Maluku BIN menjadi Staf Khusus Kasad, Kolonel Arm Jimmy Aritonang, S.E. dari Kabag Dukops Binda DIY menjadi Kabinda Maluku BIN dan Brigjen TNI Irwan Mulyana, S.E., M.Si. dari Karopeg Settama BIN menjadi Karoum Settama BIN.

Brigjen TNI Edmil Nurjamin, S.E., M.M. dari Direktur Kontra Separatisme dan Konflik Deputi III Bid. Kontra Intelijen BIN menjadi Karo SDM Settama BIN (Validasi Orgas) dan Kolonel Caj (K) G.R.A.R.V. Mustikaningrat dari Kasubdit Liaison pada Direktorat Kerjasama Internasional Deputi I Bid. Luar Negeri BIN menjadi Direktur Amerika dan Eropa Deputi Bid. Luar Negeri BIN,

Selanjutnya Mayjen TNI Dr. Imam Edy Mulyono, M.Sc., M.SS. dari Staf Khusus Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Mayjen TNI Aris Martono Haryadi dari Staf Khusus Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Mayjen TNI Dody Usodo Hargo S., S.I.P., M.M. dari Staf Khusus Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Mayjen TNI Muhammad Nakir dari Staf Khusus Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).

KemudianM TNI Widagdo Hendro Sukoco dari Staf Khusus Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Patut Sudarsono, S.I.P. dari Staf Khusus Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), Brigjen TNI Suherman, M.Sc., dari Staf Khusus Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun) dan Brigjen TNI Simson Moeratno dari Staf Khusus Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).

Brigjen TNI Syarifudin Harahap, S.H. dari Staf Khusus Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun), dan Brigjen TNI Usman Sulandri dari Staf Khusus Kasad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun).

20 Pati Angkalatan Laut

Dari TNI Angkatan Laut, 20 Perwira Tinggi yang dimutasi adalah sebagai berikut:

Laksma TNI Bambang Priyanggodo, S.Sos., M.M. dari Pa Sahli Tk. II Bid. Komkonf Komunal Sahli Bid. Polkamnas Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun), Kolonel Laut (S/W) Dyah Rintis Nasiarti, S.E., M.M., CFrA. dari Irut Ku Itben Itjen TNI menjadi Pa Sahli Tk. II Bid. Kamkonf Komunal Sahli Bid. Polkamnas Panglima TNI dan Laksma TNI Maman Firmansyah dari Dankodikopsla Kodiklatal menjadi Kas Kolinlamil.

Kemudian Laksma TNI Irwan Achmadi, M.Tr.(Han) dari Kas Kolinlamil menjadi Dankodikopsla Kodiklatal, Laksma TNI Kisdiyanto dari Danguskamla Koarmada II menjadi Staf Khusus Kasal, Laksma TNI Iwan Isnurwanto, M.A.P., M.Tr.(Han) dari Dirdok Kodiklat TNI menjadi Danguskamla Koarmada II dan Brigjen TNI (Mar) Hasanudin dari Staf Khusus Kasal menjadi Dirdok Kodiklat TNI.

Selanjutnya Laksma TNI Ir. Muharam Ibrahim, M.A.P. dari Pati Sahli Kasal Bid. Wilnas menjadi Staf Khusus Kasal, Laksma TNI Sutarmono, M.Si.(Han) dari Kadiskomlekal menjadi Pati Sahli Kasal Bid. Wilnas dan Laksma TNI Atok Dushanto, M.Soc.Sc. dari Pa Sahli Tk. II Was Afrika dan Timteng Sahli Bid. Hubint Panglima TNI menjadi Kadiskomlekal,

Sementara itu Laksma TNI R. Teguh Isgunanto, M.A. dari Athan RI di Canberra, Australia menjadi Pa Sahli Tk. II Was Afrika dan Timteng Sahli Bid. Hubint Panglima TNI dan Laksma TNI Ir. Agus Rustandi, M.EngSc., MMDS dari Kapuslitbang Strahan Balitbang Kemhan menjadi Athan RI di Canberra, Australia.

Kemudian Brigjen TNI (Mar) Donar Philip Rompas dari Dankorsis Sesko TNI menjadi Kadispotmar Mabesal, Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno, S.H., M.Tr.(Han) dari Kadispotmar Mabesal menjadi Dankorsis Sesko TNI dan Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.M. dari Wadan Kodiklatal menjadi Staf Khusus Kasal.

Selanjutnya Laksma TNI B. Ken Tri Basuki, M.Si.(Han)., CHRMP. dari Waaspers Kasal menjadi Wadan Kodiklatal, Laksma TNI Budhiyanto, M.A.P. dari Danpusdikbangspers Kodiklat TNI menjadi Waaspers Kasal dan Laksma TNI Isbandi Adrianto, S.E., M.M. dari Staf Khusus Kasal menjadi Danpusdikbangspers Kodiklat TNI.

Kemudia Laksma TNI Adin Nurawaludin dari Karoum Settama BIN menjadi Direktur Kontra Separatisme dan Konflik Deputi Bid. Kontra Intelijen BIN dan Laksda TNI Mulyadi, S.Pi., M.A.P. dari Staf Khusus Kasal menjadi Pati Mabes TNI AL (dalam rangka pensiun).

18 Pati TNI Angkatan Udara

Sedangkan 18 Pati TNI Angkatan Udara yang dimutasi adalah:

Marsma TNI A. Joko Takarianto dari Athan RI di Washington DC/USA menjadi Staf Khusus Kasau Marsma TNI T.B.H. Age Wiraksono, S.I.P., M.A. dari Kas Koopsau II menjadi Athan RI di Washington DC/USA dan Marsma TNI Andi Kustoro dari Kadispamsanau menjadi Kas Koopsau II.

Kemudi Kolonel Pnb Donald Kasenda, S.T., S.I.P., M.M. dari Paban II/Hublu Sintel TNI menjadi Kadispamsanau, Marsda TNI Dwi Fajariyanto dari Aspam Kasau menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Hubint Panglima TNI dan Marsda TNI Tamsil Gustari Malik, S.E. dari Pangkoopsau III menjadi Aspam Kasau.

Selanjutnya Marsma TNI Andyawan Martono P.,S.I.P., dari Kas Koopsau I menjadi Pangkoopsau III, Marsma TNI Andi Heru Wahyudi dari Pangkosek Hanudnas II Mks menjadi Kas Koopsau I dan Kolonel Pnb Yulianta, S.I.P.,M.Tr.(Han) dari Sesdisbangopsau menjadi Pangkosek Hanudnas II Makassar.

Kemudian Marsma TNI Kusworo, S.E., M.M. dari Wadan Seskoau menjadi Kadisopslatau, Marsma TNI Jemi Trisonjaya, M.Tr.(Han) dari Kadisopslatau menjadi Wadan Seskoau dan Marsda TNI Dr. Tatan Kustana, M.Bus., MA. dari Wakil Rektor III Bid. Kerjasama Kelembagaan Unhan menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun).

Sementara itu, Marsma TNI Dr. Siswo Pudjiatmoko, S.E., M.Si.(Han) dari Wakil Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Unhan menjadi Dekan Fakultas Strategi Pertahanan Unhan, Marsma TNI Hanafi, S.Sos., M.Si. dari Direktorat Sarana dan Prasarana BNPP menjadi Staf Khusus Kasau dan Marsma TNI Yuri Afiuddin Anwar dari Staf Khusus Kasau menjadi Direktorat Sarana dan Prasarana BNPP.

Kemudian Marsma TNI Kris Budiantoro dari Kepala Pusat Data dan Informasi BNPP menjadi Staf Khusus Kasau, Marsma TNI Heru Anggraito, S.E., M.M. dari Staf Khusus Kasau menjadi Kepala Pusat Data dan Informasi BNPP dan Marsma TNI dr. Elisa Samson M., Sp.M. dari Staf Khusus Kasau menjadi Pati Mabes TNI AU (dalam rangka pensiun).

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR