“Ngopi Bareng Mukidi”, Tanda Cinta dari Indeksberita dan Kedai Kebun

Mukidi, pemulia Kopi asal Temanggung, Jawa Tengah, dalam acara talkshow "Ngopi Bareng Mukidi" di Kedai Kebun, Yogyakarta. (Foto: arief/indeksberita)

Yogyakarta – Dimulai pada pukul 15.30 WIB di lantai dua Kedai Kebun yang terletak di Jl. Tirtodipuran No. 3 Yogyakarta (5/9), indeksberita bekerjasama dengan manajemen Forum Kedai Kebun menyelenggarakan acara Talkshow bertajuk “Ngopi Bareng Mukidi”.

Hadir sebagai bintang tamu sekaligus narasumber tunggal, Mukidi, petani Kopi asal Temanggung, Jawa Tengah. Acara dipandu oleh Tri Agus Siswowiharjo selaku Redaktur Pelaksana indeksberita.com.

“Ngopi Bareng Mukidi” tidak hanya sekedar berbincang dengan Mukidi, namun Ia juga mempraktekan bagaimana cara menyeduh kopi tanpa harus menghilangkan karakter dari kopi tersebut.

Audiens terlihat antusias mengikuti acara itu juga dapat mencicipi beberapa macam kopi yang didatangkan dari perkebunan kopinya yang terletak di Temanggung, dan diseduh oleh Ahmad Irvan Riyadi selagi Mukidi berbagi pengalaman mengenai dunia pertanian kopi dan prospek ke depannya.

Beberapa kopi yang diseduh adalah kopi arabica, robusta dan kopi asli resep Mukidi (special blend) yang dua kali memperoleh penghargaan internasional.

Dalam talkshow Mukidi mengungkapkan bahwa menjadi petani kopi bukanlah hanya sekedar menanam benih, panen dan berbisnis. Terdapat tanggung jawab lingkungan dan sosial dimana Mukidi juga harus ikut mensejahterakannya. Tidak harus menggunakan segala sumber daya yang ada, cukup mengajak warga sekitar untuk ikut menanam kopi dan berbisnis bersama.

Ia pun menyebut kegiatan itu sebagai kegiatan penularan hobi.

“Disana luas kebun saya satu hektar diwarisi oleh bapak saya. Warga dapat bertani menanam berbagai macam komoditas tanah yang ada, tanpa ada sewa lahan, tanpa ada sistem bagi hasil dengan satu syarat, ya jangan mematikan kebun kopi saya. Kalo diperusahaan besar itu termasuk social responsibility, anggap saja itu tanggung jawab sosial Mukidi,” tutur Mukidi.

Acara ini diakhiri dengan penyerahan tanda cinta kepada Mukidi dari indeksberita yang diserahkan oleh Tri Agus Siswowiharjo dan Yustina W. Neni selaku Direktur Forum Kedai Kebun.

 

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR