“Om Telolet Om”, Ini kata Presiden Jokowi

Fenomena Om Telolet Om yang kini ramai diperbincangkan di berbagai lini masa media sosial di Indonesia bahkan dunia, menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi) berasal dari contoh kesederhanaan rakyat dalam mencari sebuah hiburan.

“Sebuah kesenangan, sebuah kebahagiaan dari rakyat untuk memperoleh sebuah hiburan atau sebuah hobi, saya kira sangat bagus sekali,” kata Presiden kepada wartawan seusai menghadiri acara Deklarasi Pemagangan Nasional menuju Indonesia Kompeten, di Kawasan Karawang International Industry City (KIIC), Karawang, Jumat (23/12).

Menurut Presiden, melakukan sesuatu hal yang sederhana dan dapat sesegera mungkin diketahui oleh dunia merupakan bukti kekuatan media sosial yang tak bisa dibendung kecepatannya.

“Ya ini kekuatan dan potensi media sosial yang kita lihat,” imbuhnya.

Terkait himbauan oleh Menteri Perhubungan yang membatasi aksi tersebut, Presiden bersikap senada dengannya. Bahwa hal tersebut tidak dilarang namun harus ada batasannya.

“Ya pasti ada batas-batasnya masa bus baru berjalan dicegat di tengah jalan, ya kan hal-hal seperti itu yang dilarang,” ujar Presiden.

Fenomena Om Telolet Om yang menjadi buah bibir di kalangan netizen di berbagai belahan dunia berawal dari video yang beredar di media sosial mengenai kebiasaan anak-anak di sekitar Jepara, Jawa Tengah yang meminta supir bus yang melintas untuk membunyikan klaksonnya. Bahkan ada juga yang sengaja menulis tulisan besar “Om Telolet Om” agar dibaca oleh supir bus.

Semenjak itu, video “Om Telolet Om” semakin menjadi viral di dunia maya. Demam itu tidak hanya di tanah air, tapi juga sampai ke telinga selebritas mancanegara. Sebut saja Zedd, Martin Garrix, DJ Snake, Alesso, dan The Chainsmokers sempat-sempatnya terlibat dalam perbincangan seputar “Om telolet Om” dalam akun resmi media sosialnya.

Situs tangga lagu Billboard bahkan menangkap fenomena yang menjangkiti sejumlah DJ (Disc Jockey) tersebut. Mereka menanyakan arti dari frase “Om telolet Om” yang sedang ramai di Indonesia. Billboard menduga ramainya perbincangan para DJ kenamaan terkait dengan bunyi klakson bus itu identik dengan suara efek instrumen elektronik yang biasa mereka pakai.

“Billboard Dance melihat klip video telolet, dan memang terdengar seperti instrumen elektronik. Kami bisa membayangkannya menjadi lagu tema sebuah festival,” tulis Billboard dalam situsnya, Rabu (21/12).

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR