Pakuwaja Nunukan Akan Lebih Andil Dalam Pembangunan Di Perbatasan

Segenap Muspida dan Pengurus Pakuwaja Nunukan foto bersama usai Pelantikan (Eddy Santry)

Ribuan warga masyarakat jawa memadati gedung Akbar, Jl Fatahillah Nunukan, Sabtu (27/1/2018) malam. Kehadiran mereka adalah untuk mengikuti Pelantikan Pengurus Paguyuban Keluarga Warga Jawa Kabupaten Nunukan atau Pakuwaja Nunukan, untuk periode 2018-2023.

Usai dilantik oleh Ketua Pakuwaja Kaltara yang juga Sektetaris Provinsi Kalimantan Utara, Badrun, Ketua Terpilih Pakuwaja Nunukan Edy Mulyanto mengatakan bahwa terbentuknya kepenguruasan Pakuwaja periode kali ini dimaksud untuk lebih menggallang rasa solidaritas warga Jawa yang ada di Nunukan terutama dalam hal sosial.

Edy menegaskan bahwa sebuah organisasi sosial itu adalah memberi dan bukan mendapatkan. Ketika seseorang terjun kedalam organisasi sosial, maka yang harus tertancap dalam batinya adalah hasrat ingin menolong, baik sesama warga Jawa maupun kepada semua etnis yang ada di Kabupaten Nunukan.

“Tolong menolong dalam kebaikan itu kan juga diajarkan dalam agama manapun. Untuk itu Pakuwaja bermaksud menghimpun warga Jawa dalam rasa solidaritas dan kegotong royongan sebagai cabang dari rasa senasib sepenanggungan di Perantauan,” tandas Edy.

Setelah pelantikan pengurus Pakuwaja Nunukan, Sekretaris Provinsi Kaltara bernyanyi diatas Panggung dan Bupati Nunukan Asmin Laura tampak joget bersama dengan tokoh-tokoh Jawa
Setelah pelantikan pengurus Pakuwaja Nunukan, Sekretaris Provinsi Kaltara bernyanyi diatas Panggung dan Bupati Nunukan Asmin Laura tampak joget bersama dengan tokoh-tokoh Jawa

Dengan mengambil tema kegotong royongan “rukun agawe santoso,crah agawe bubrah – bersatu akan membuat kita berjaya dan bercerai berai akan membuat kita hancur”, Edy juga menegaskan bahwa warga Jawa akan siap bersinergi dengan Pemerintah dan elemen lainya demi membangkitkan roda perkenominian di wilayah Perbatasan dalam hal ini Kabupaten Nunukan.

“Kita juga akan selalu berkomunikasi dan bersinergi dengan Pemerintah dan elemen lainya di Kabupaten Nunukan ini agar kedamaian, kamakmuran dan kesejahteraan selalu dirasakan oleh semua masyarakat Nunukan,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Nunukan Asmin Laura mengapresiasi terbentuknya kepengurusan Pakuwaja di Kabupaten Nunukan. Laura mengungkapkan bahwa tidak ada satu wilayah di Indonesia tak terkecuali Nunukan yang tidak didiami oleh beragam etnis.

“Dengan terbentuknya Pakuwaja ini, dan sesuai motto Pakuwaja (rukun agawe santoso, crah agawe bubrah) kami harap warga Jawa lebih solid lagi, lebih rukun lagi dan hidup dengan harmonis ditengah keberagaman yang ada di Kabupaten Nunukan,” kata Laura.

Malam Pelantikan Pengurus Pakuwaja Kabupaten Nunukan disamping dihadiri ribuan warga Jawa, juga dihadiri unsur Muspida Nunukan dan pimpinan etnis-etnis lain yang ada di Kabupaten Nunukan. Suasana semakin akrab ketika Bupati Nunukan dan Ketua DPRD Nunukan, Danni Iskandar, mengajak tamu undangan untuk berjoget tatkala Sekprov Kaltara menyanyikan lagu Perahu Layar.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR