Paus Fransiskus Serukan Doa dan Solidaritas Untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Gelombang Tsunami di Selat Sunda yang menerjang wilayah Banten dan Lampung pada Sabtu 22 Desember 2018 bukan hanya menjadi duka bagi Indonesia. Ucapan dan aksi belasungkawa atas musibah yang menyebabkan ratusan orang meninggal dunia dan luka-luka hingga kerusakan parah tempat tinggal tersebut terus mengalir dari berbagai penjuru dunia.

Salah satu pihak yang menyatakan bela sungkawa atas musibah tersebut adalah Pemimpin Vatikan Paus Fransiskus. Di hadapan para Jemaat di Santo Petrus Square setelah misa Angelus, Minggu (23/12/2018) Paus Fransiskus mengajak semua orang untuk secara khusus memanjatkan doa bagi para Korban.

“Saya mengundang semua orang untuk bergabung dengan saya dalam doa untuk para korban dan orang-orang yang mereka cintai. Saya secara spiritual dekat dengan para pengungsi dan semua orang yang terkena cobaan, berdoa mohon bantuan Tuhan atas penderitaan mereka,” ajak Paus sebagaimana dilansir dari Asia News, Senin (24/12/2018).

Selain mengajak semua orang berdoa, Paus juga menghimbau kepada semua komunitas sosial dan kemanusian internasional untuk terus memberikan dukungan demi mengurangi penderitaan para korban.

“Saya mengimbau solidaritas kita dan dukungan dari Komunitas Internasional tidak berkurang bagi saudara dan saudari kita ini,” himbaunya.

Sebagaimana dengan Paus, para pemimpin negara, pejabat tinggi negara sahabat, tokoh masyarakat, selebritis dunia hingg klub sepakbola ternama di dunia secara khusus juga menyampaikan duka cita untuk para korban di Banten dan Lampung tersebut.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik melalui akun Twitter pribadinya yang ia unggah pada Minggu (23/12/2018) mengirimkan doa dan dukungan agar keluarga korban senantiasa dalam ketabahan.

“Turut berduka cita atas jatuhnya korban tsunami di Banten, Pandeglang & Lampung. Doa kami menyertai keluarga korban, semoga diberikan ketabahan. #PrayforAnyer ,” tulis Moazzam

Dari London, ungkapan duka cita datang dari Menteri Pembangunan Internasional Inggris Penny Mordaunt. Australia juga turut menyampaikan rasa simpatinya kepada mereka yang terdampak tsunami Selat Sunda. Hal tersebut diungkapkan oleh Duta Besar Australia untuk Indonesia Gary Quinlan.

Rasa bela sungkawa terhadap korban tsunani Selat Sunda juga datang dari Turki. Bahkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan langsung rasa simpatinya. Sementara Presiden Rusia Vladimir Putin mengirim ungkapan duka cita lewat sebuah telegram kepada Presiden Joko Widodo.

“Rusia berbagai kesedihan dengan negara sahabat kami Indonesia. Simpati dan dukungan yang tulus kepada kerabat serta teman-teman mereka yang tewas dan semoga yang terluka segera pulih,” ucap Putin.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR