PDI Perjuangan Kecam Penindasan Terhadap Etnis Rohingya 

PDI Perjuangan kecam penindasan terhadap etnis Rohingya di Myanmar baru-baru ini. Kejahatan kemanusiaan yang sedang terjadi harus segera dihentikan. Untuk itu PDI Perjuangan mendesak pemerintah Indonesia untuk secepatnya memberikan bantuan kemanusian dan langkah diplomasi.

“PDI Perjuangaan mengecam terjadinya tindakan yang sangat tidak manusiawi ini. Kejahatan kemanusiaan tidak bisa dibiarkan, harus dihentikan. PDI Perjuangan membetikan dukungan sepenuhnya terhadap upaya pemerintah melalui Menteri Luar Negeri yang bertindak cepat dengan segera datang ke Myanmar”, seru Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Jakarta, Sabtu (2/9).

Pada saat bersamaan, menurutnya PDI Perjuangan mendorong pemerintah untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan secepatnya melakukan diplomasi untuk meyakinkan pemerintah Myanmar guna mencari jalan damai untuk menyelesaikan persoalan.

“Indonesia sebagai ‘Big Brother’ di ASEAN harus mengambil inisiatif atas Konflik Rohingya. Dasarnya sangat kuat.  Politik Luar Negeri Indonesia Bebas Aktif ditujukan untuk mewujudkan perdamaian dunia. Atas nama cita-cita perdamaian sebagai pelaksanaan sila kedua kemanusiaan atau internalisonalisme, maka prakarsa aktif harus diambil termasuk mendesak pemerintahan Myanmar untuk secepatnya menghentikan kekerasan atas warganya,” kata Hasto Kristiyanto.

PDI Perjuangan berpendapat, tindakan diplomasi yang cepat dan efektif melalui ASEAN sangat penting guna mencegah kekerasan lebih lanjut.

“PDI Perjuangan akan ikut ambil bagian dalam gerakan solidaritas sebagai kekuatan moral untuk mencegah kekerasan lebih lanjut di Rohinya,” ujar Hasto Kristiyanto.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR