Peluncuran Spektakuler Aplikasi SEBATIK, Inovasi Polres Nunukan

Simbol Aplikasi SEBATIK (Sistem Elektronik Berbasis Aplikasi Terpadu Informasi Kepolisian), aplikasi informasi kepolisian, karya Polres Nunukan.

Peluncuran Aplikasi SEBATIK (Sistem Elektronik Berbasis Aplikasi Terpadu Informasi Kepolisian) di Taman Endra Dharmalaksana 99 Mapolres Nunukan, Senin (13/1) malam berlangsung spektakuler. Kalau biasanya acara launching ditandai dengan penekanan tombol, pemukulan gong – kentongan atau pengguntingan pita, maka kali ini launching dilakukan dengan konsep yang lebih modern.

Launching diawali dengan tampilan animasi 5 telapak tangan di layar LED yang berada di backdrop panggung kehormatan seperti yang sering kita lihat di Film Star Trek. Selanjutnya, Kapolda Kalimantan Utara Brigjen Indrajit, Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid, Kapolres Nunukan AKBP Teguh Triwantoro, Ketua PN Nunukan Candra Nurendra Adiyana, Kajari Nunukan Zulfahmi, dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nunukan H. Irwan Sabri mendekatkan telapak tangannya masing – masing di layar tersebut.

Kemudian dalam hitungan ketiga, secara bersama – sama merekapun menempelkan telapak tangannya di layar LED tersebut, maka seketika itu juga terdengar suara dentuman bom udara sebanyak 3 kali yang disusul dengan kembang api susul menyusul selama hampir 2 menit.

Tidak hanya itu, atraksi semburan asap dari bagian depan panggung disertai dengan guyuran guntingan kertas berwarna – warni dari samping panggung semakin menambah seru acara tersebut. Seluruh tamu, undangan dan masyarakat yang hadir untuk menyaksikan atraksi itu pun benar – benar dibuat kagum dan terkesima.

Dalam sambutannya seusai launching tersebut, Kapolda Brigjen Indrajit juga tidak bisa menyembunyikan rasa bangganya. “Tidak ada lagi yang bisa saya sampaikan kali ini, selain apresiasi, kagum dan bangga atas prestasi ini,” kata Indrajit.

Begitu gembiranya Indrajit karena acara berlangsung spektakuler, Indrajit mempersembahkan sebuah puisi tersingkat yang khusus dibuatnya sendiri. Berikut adalah puisinya :

IMG-20200114-WA0075

“Assalamualaikum WR WB
Kapolres Nunukan Hebat
Wassalamualaikum WR.WB,” kata Indrajit sekaligus menyudahi sambutannya.
Disamping Melaunching Aplikasi Sebatik, dalam kesempatan yang sama Kapolda juga meresmikan Jalan Bharatu M. Aldy, Gerbang Bhayangkara, Taman Endra Dharmalaksana 99, dan Tugu Rajawali Tribrata.

Kapolres Nunukan AKBP Teguh Triwantoro secara singkat menyampaikan bahwa penetapan nama jalan Bharatu M Aldy adalah bentuk penghormatan jajaran Polres Nunukan dan Pemerintah Kabupaten Nunukan terhadap pengorbanan Bharatu M. Aldy yang gugur dalam kontak senjata melawan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Sedangkan Tugu Rajawali Tribrata, menurut Teguh, menggambarkan kekuatan, keteguhan, dan fokus yang harus dimiliki oleh semua anggota kepolisian dala melayani masyarakat.

“Rajawali adalah king of bird, rajanya burung – penguasa langit yang sangat kuat, memiliki mata yang tajam, dan fokus dalam menyerang mangsanya,” kata Teguh.

Sementara Taman Endra Dharmalaksana 99, adalah bentuk persembahan Polres Nunukan kepada masyarakat berupa taman bermain yang indah dan menyenangkan yang bisa dinikmati seluruh anggota keluarga.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Aplikasi SEBATIK adalah sebuah layanan yang memungkinkan para penggunanya melaporkan kejadian atau kejahatan di tengah masyarakat kepada polisi melalui aplikasi.

Pengguna Aplikasi SEBATIK juga bisa mengurus SIM dan SKCK secara online, serta mendapatkan update informasi dari kepolisian. Aplikasi ini juga menampilkan fitur tombol darurat dengan tanda gambar lonceng. Jika pengguna mengklik tombol itu, misalnya karena ada kejahatan atau kecelakaan di jalan maka dia akan langsung terhubung dengan admin Aplikasi dari kepolisian terdekat.

Pihak kepolisian juga akan segara melakukan konfirmasi kepada pengguna tentang kejadian yang dialaminya, dan polisi segara menentukan tindakan yang diperlukan. Begitu vitalnya aplikasi ini untuk berjaga – jaga, maka sebaiknya secepatnya kita mendownload aplikasi tersebut di hand phone kita masing – masing.

 

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR