Setelah Pembangunan Mangkrak Sejak 1997, Jalur Tol Bocimi Siap Dilintasi

Jalan Tol Bogor Ciawi Sukabumi atau Tol Bocimi setelah hari ini, Jumat (8/6/2018), sudah bisa dilalui. (Foto Eko Octa/indeksberita.com)

Setelah sebelumnya pembangunan sempat mangkrak dimulai dari 1997, akhirnya jalan tol Bogor Ciawi Sukabumi atau Tol Bocimi  setelah hari ini, Jumat (8/6/2018), sudah bisa dilalui dan resmi dioperasionalkan.

Jalur sepanjang 15,3 Km ini siap digunakan secara fungsional untuk arah menuju Cigombong jelang arus mudik lebaran. Jalur yang difungsikan satu arah menuju Cigombong ini akan berlangsung hingga tanggal 19 Juni 2018 mendatang. Setelah itu pada pukul 00.00 WIB memasuki Sabtu (20/6/2018) jalur difungsikan untuk arah balik dari Sukabumi-Cigombong menuju Bogor dan Jakarta.

“Jadi sekarang hingga tanggal 19/6 fungsinya baru hanya untuk kendaraan mudik dari Jakarta dan Bogor menuju Cigombong dan Sukabumi. Setelah itu pada Sabtunya tanggal 20/6 hingga 24/6, jalur difungsikan untuk kendaraan pulang mudik dari Sukabumi-Cigombong menuju Bogor dan Jakarta,”kata AKBP Andi M Dicky Pastika, Kapolres Bogor dititik buka tol Bocimi di Ciawi.

AKBP Dicky menegaskan, setelah resmi dilalui sejak Jumat sore, pihaknya akan melakukan evaluasi. “Kondisi jalan bagus. Rambu-rambu masih terbatas..kalau marka jalan sudah ada,”kata AKBP Dicky.

Orang nomor satu di jajaran kepolisian Kabupaten Bogor ini mengaku, saat keluar di Cigombong, pengguna jalan akan bertemu ada rel kereta dan jalan utama Sukabumi Bogor.

Tol Bocimi Fungsional

Untuk kondisi pertemuan kendaraan yang keluar tol dan kendaraan di jalur Sukabumi-Bogor, AKBP Dicky menuturkan, pihaknya sudah melakukan antisipasi dengan siapkan anggota untuk berjaga secara shief.

“Termasuk koordinasi dengan Polres Sukabumi. Intinya kami ingin pengguna jalan nyaman saat mudik,”paparnya.
Seorang sopir L-300 jurusan Sukabumi-Bogor yang diwawancara di exit GT Cigomnong mengaku, senang dengan beroperasinya tol Bocimi.

Sopir yang mengaku bernama Rohman 34, ini mengaku, selama ini ia membutuhkan waktu 1,5 jam dari Ciawi menuju Cigombong. Untuk itu, Rohman yang sudah menjadi sopir L-300 jurusan Sukabumi selama delapan tahun ini mengaku kaget, saat star dari Ciawi dan keluar di tol Cigombong hanya butuh waktu 20 menit.

“Wakru tempuh ciawi sampai cigombong hanya butuh 20 menit. Ini sangat menghemat waktu. Terimakasih pak Jokowi,”kata Rohman.

Seorang pengguna lainnya bernama Alif 45, warga Depok mengaku, aspal tol Bocimi bagus. “Kecepatan maksimim 80 Km tadi. Hanya kurang dari 20 menit saya sudah keluar di Cigombong. Kalau lewat jalur biasa, macetnya parah mas,” katanya.

Joko Susilo, Pimpro Trans Jabar Tol mengatakan, pembangunan tol Bocimi menghadapi beberapa kendala mulai dari cuaca yang sering hujan dan kondisi tanah yang berair sehingga harus dilakukan pemadatan berkali-kali. “Bulan Juli akhir tuntas,”tegas Joko. (ok)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR