Pembukaan Raimuna Nasional XI, Presiden Dorong Pramuka untuk Terdepan Membawa Perubahan

Presiden meresmikan Pembukaan Raimuna Nasional XI Gerakan Pramuka (14/1/2017) di Cibubur Jakarta (Foto istimewa)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini, Senin 14 Agustus 2017, hadir dalam Peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka ke-56 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Dalam kesempatan tersebut pula, Presiden resmikan pembukaan Raimuna Nasional XI Tahun 2017.

Dalam arahannya, Presiden juga mendorong gerakan Pramuka untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Selain itu, pramuka harus juga berani membuat terobosan, tidak terjebak rutinitas.

“Pramuka bukan saja latihan baris berbaris, cara membangun tenda, atau membuat simpul tali saja. Tapi juga harus memandu adik-adik Pramuka dalam disiplin menggunakan media sosial yang positif dan produktif,” ucapnya.

Presiden juga menegaskan, walau usia Pramuka terus bertambah, tetapi tetap terus menjaga semangat mudanya. Menjaga semangat muda menurut Presiden penting, agar selalu tetap produktif dan terdepan dalam membawa perubahan.

“Walaupun usia gerakan Pramuka semakin bertambah, saya minta semangatnya harus tetap muda. Harus selalu produktif dalam berkarya, inovatif, kreatif, menjadi yang terdepan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan menjadi garda terdepan perubahan di negeri kita yang kita cintai ini,”

Pramuka

Tidak lupa Presiden berpesan agar seluruh anggota gerakan Pramuka, untuk terus berpegang teguh pada Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Pancasila adalah dasar kita bernegara. Pancasila adalah pemersatu bangsa. Pancasila adalah rumah kita bersama,” tuturnya.

Sementara dalam sambutannya, Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault menjelaskan, bahwa Raimuna Nasional berlangsung selama 1 minggu, dari tanggal 14 sampai tanggal 21 Agustus 2017. Dan acara ini diikuti oleh 15 ribu peserta, dari seluruh Indonesia.

“Raimuna Nasional XI ini diikuti oleh 15 ribu Pramuka, yang berusia antara16 sampai 25 tahun, dari 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota dari wilayah NKRI dan beberapa negara sahabat. Kegiatan akan berlangsung hingga 21 Agustus 2017 mendatang,” ujar Adhyaksa.

Dalam pembukaan Raimuna Nasional XI Presiden hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Selain itu tampak dalam acara tersebut, Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR