Pemkot Magelang Akan Gelar Lomba Robot Terbang Tingkat SMP

Drone (ilustrasi)

Bekerjasama dengan Institut Sain dan Teknologi (IST) Akademi Perindustrian (AKPRIND) Yogyakarta, Taman Pintar Yogyakarta dan Micro Drone Race Indonesia (MDRI), Pemerintah Kota Magelang melalui Badan Litbang akan menyelenggarakan kompetisi robot terbang tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat, se-Kota Magelang. Kompetisi itu akan diadakan pada pertengahan Maret 2020 mendatang.

Dalam sosialisasi yang dilaksanakan pada haru Selasa (18/2/2020), Kepala Balitbang Kota Magelang, Arif Barata Sakti menyatakan bahwa ajang ini digelar sebagai sarana menumbuhkembangkan budaya Ilmu Pengetahuan dan Tegnologi (IPTEK) bagi masyarakat khususnya minat anak pelajar.

“Untuk menumbuh kembangkan budaya IPTEK bagi pelajar dan generasi muda terhadap sains dan teknologi melalui imajinasi, percobaan dan permainan,” tutur Arif.

Selain itu, Arif mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut juga dilaksanakan sebagai bentuk dukungan bagi kurikulum pendidikan bidang sains dan meningkatkan minat bakat siswa dalam bidang kedirgantaraan.

“Kita berharap, ke depan akan terbentuk sebuah ekosistem inovasi dan muncul inovator-inovator muda di Kota Magelang,” harapnya

Hadir juga dalam sosialisasi tersebut adalah Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Magelang, Adi Chandra Pamungkas danĀ  perwakilan dari Taman Pintar, IST AKPRIND serta MDRI sebagai narasumber. Sosialisasi dipandu langsung oleh Kepala Bidang Pengembangan dan Harmonisasi Inovasi Balitbang Kota Magelang, Catur Adi Subagyo.

Antusiasme siswa dan guru pendamping dalam sosialisasi ini sangat tinggi. Diketahui, Workshop rencana akan dilaksanakan di Borobudur International Golf & Country Club pada 25 Februari 2020. Sedangkan kompetisi dijadwalkan pada 17 Maret 2020 di GOR SAMAPTA Kota Magelang.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR