Pemuda di Perbatasan Diminta Tahan Godaan Negara Tetangga

NUNUKAN – Sebagai pewaris negeri, peran pemuda sangatlah vital dalam menentukan kemana arah negara ini akan dibawa. Pemuda adalah pena dari kanvas Indonesia dan akan dilukis dengan warna apa, pemuda adalah penentunya. Untuk itu, pemuda yang memiliki potensi dan mampu menyalurkan sebagai kreasi yang positif, akan menjadi tiang-tiang negara yang berkepribadian.

Itulah yang diucapkan Muhammad Idris , anggota DPD RI, dalam sambutan acara peringatan Sumpah Pemuda dan Deklarasi Garda Muda Kabudaya di Balai Pertemuan Umum Desa Atap, Kec. Sembakung, Nunukan, Kalimantan Utara, Jum’at (28/10).

IMG_8326

Ia mengatakan, sebagai pemuda yang berada di Tapal Batas, tentu godaan serta intervensi yang berupa budaya dan sosial sangatlah nyata. Ia meminta para pemuda tetap menjaga keharmonisan antar individu, kelompok dan pergaulan luas lainya dalam perjalanan kedepan agar persatuan dan kesatuan nasional selalu terjaga.

“Saya meminta kepada para pemuda agar menunjukan pribadi yang mampu menjadi suri tauladan generasi dibawahnya. Karena peran serta para pemuda, apalagi pemuda yang ada di perbatasan, sangatlah penting dalam menentukan akan kemana arah Indonesia ke depan,” katanya

Ia pun sangat mengapresiasi perhelatan Acara Peringatan Sumpah Pemuda yang diprakarsai Garda Muda Kabudaya, Pemuda Penjaga Perbasan RI, Relawan Kopaskal Nunukan, DPD KNPI Nunukan, Banser NU Nunukan, Ormas Oi BPK Nunukan, HMI Komisariat Nunukan CabangTarakan, Rimba Raya Institute yang didukung oleh Dewan Presidium DOB Kabudaya serta beberapa elemen kepemudaan dan masyarakat yang ada di wilayah Kec. Sembakung,Kec. Sembakung Atulai,Kec. Tolin Onsoi ,Kec. Sebuku, Kec.Lumbis dan Kec. Lumbis Ogong tersebut.

Menurutnya, acara tersebut adalah langkah positif karena pemuda-pemuda yang tinggal di perbatasan ternyata sangat menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan sangat jelas akan rasa nasionalismenya.

“Walaupun tinggal di perbatasan dan notabene di daerah yang jauh dari perkotaan,namun semangat dalam menjaga marwah bangsanya sangat luar biasa. Karena para pemuda di perbatasan ini adalah wajah dari para pemuda di Indonesia,” pungkasnya.

IMG_8300 (1)

Sementara itu, Heri Suprapto, Ketua Garda Muda Kabudaya ketika disinggung mengenai tujuan dibentuknya Garda Muda Kabudaya mengatakan bahwa ini adalah spontanitas dari para pemuda dalam mendukung perjuangan Presidium DOB Kabuadaya.

“Kita adalah sayap dan badan otonom kepemudaan dari Dewan Presidium DOB Kabudaya. Karena kami sangat menyadari bahwa keberhasilan dari perjuangan adalah dengan adanya sinergritas dari berbagai sisi. Dan ini juga sebagai pembuktian pada pemerintah pusat bahwa para pemuda di 6 Kecamatan ini bahkan beberapa Ormas Kepemudaan DOB Kabudaya demi semakin meratanya pembangunan yang tentu saja bermuara pada kesejahteraan masyarakat dan tetap dalam bingkai NKRI,” jelasnya.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR