Peringati HUT RI-74, Pemerintah Bakal Gelar Festival Gapura Berhadiah Rp 1 Miliar

Genap sebulan lagi bangsa Indonesia akan memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73. Dalam perayaan HUT RI, sudah lazim adanya perlombaan dan pertandingan di setiap penjuri negeri. Tak terkecuali tahun ini, Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Dalam Negeri, dan Badan Ekonomi Kreatif mengajak masyarakat untuk terlibat dalam Festival Gapura.

Kegiatan ini selain untuk menunjukan kegembiraan atas kemerdekaan yang kita peroleh, juga merupakan bagian dari upaya menghargai jasa para pahlawan yang telah memerdekakan bangsa ini melalui karya positif.

Melalui Festival Gapura yang mengambil tema ‘Cinta Negeri’ menurut Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, selain menanamkan semangat cinta tanah air, festival tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan semangat Bhineka Tunggal Ika dalam diri masyarakat Indonesia.

“Saya berharap, hal ini dapat meningkatkan semangat Bhineka Tunggal Ika dalam diri masyarakat Indonesia,” ujar Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Rabu (17/7/2019).

Menurut Tjahjo, kriteria gapura yang dinilai antara lain relevansi dengan tema, orisinalitas ide, konsep (nilai seni, estetika, dan kreativitas visual), kreativitas produksi, semangat gotong royong, dan kebersamaan.

“Gapura yang dibangun adalah bentuk kreativitas masyarakat dalam menonjolkan kekhasan daerahnya masing-masing,” urani Mendagri.

Adapun untuk hadiah bagi para pemenang pun tak tanggung-tanggung. Selain Piagam penghrgaan, dalam festival gapura ini, Pemerintah akan menyiapkan dana sekitar 1 Miliar Rupiah untuk para pemenang.

Adapun kategori yang diperlombakan sebagai berikut:

-Pemerintah menyiapkan 10 piala dan Piagam untuk 10 pemenang gapura kategori umum dan hadiah uang senilai Rp 50 juta per pemenang

– Selain itu, Pemerintah juga akan menyediakan 1 piala presiden bergilir dan piagam untuk gapura terbaik kategori masyarakat umum dan hadiah uang senilai Rp 250 juta setiap pemenang.

-Selanjutnya, 3 piala dan piagam untuk 3 pemenang gapura kategori lembaga/instansi/perusahaan/organisasi dan hadiah uang senilai Rp 50 juta per pemenang

-Kemudia Pemerintah juga akan memberikan 1 piala dan piagam untuk gapura favorit dan hadiah uang senilai Rp 100 juta.

Bagi yang berminat mengikuti festival tersebut, Informasi dan pendaftaran festival dapat diakses melalui website www.gapuracintanegeri.com.

Adapun tata cara perlombaan adalah, masing-masing peserta wajib mengirimkan 10 foto yang terdiri dari 4 foto kemeriahan proses pembuatan gapura di lingkungannya, dan 6 foto gapura hasil karyanya.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR