Persiapan Hari Pangan, Kementan Luncurkan Logo Baru Hari Pangan

Kementerian Pertanian (Kementan) meluncurkan logo baru hari pangan sedunia, nantinya ini akan digunakan pada saat peringatan hari pangan seduania tanggal 28 sampai 30 Oktober 2016. Logo tersebut merupakan hasil karya anak muda bangsa yang peduli pada pencapaian kedaulatan pangan.

Kepala Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) Kementan Muhammad Syakir mengatakan dengan diresmikan logo baru, diharapkan logo tersebut akan digunakan secara permanen pada setiap hari pangan sedunia. Sebab, selama ini logo hari pangan sedunia selalu berganti setiap tahunnya.

“Setiap tahun ganti logo, lalu kami mengajukan usulan ada logo yang dipake secara permanen setiap hari pangan sedunia. Kita ada logo secara permanen yang baru kita launching, oleh karena itu kita lombakan,” kata Syakir di Kantor Pusat Balitbangtan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (7/6).

Syakir menambahkan, desain logo ini terpilih dari 1.388 desain yang dikirimkan dari 723 peserta seluruh Indonesia. Adapun pemenangnya bernama Dimas Nurcahyo yang berasal Sleman, Yogyakarta.

Menurut Syakir, logo yang dipilih saat ini yang memiliki makna Keindonesiaan dan dapat menyampaikan pesan substansi simbol pangan, memperlihatkan kepada dunia bahwa Indonesia dapat berpartisipasi untuk terlibat dalam menyiapkan ketersediaan pangan bagi dunia.

“Ikut berupaya kontribusi terhadap pangan dunia. Faktor tersebut terpenuhi dalam logo itu,” katanya.

Hari pangan sedunia setiap tahun dilaksanakan dengan menguras tenaga dan juga dana. Oleh karenannya, pada tahun penyelenggaraan ke-36 ini, Balitbangtan mempersiapkan dem era pertanamnan dengan penyisipan teknologi super prima.

Hari pangan sedunia akan dilaksanakan di Boyolali, Jawa Tengah. Syakir mengatakan alasan pihaknya memilih Boyolali lantaran selama ini harga pangan sedunia selalu diadakan di luar Jawa.

“Sudah saatnya diadakan di Jawa. Tahun lalu Sulawesi Selatan, sebelumnya lagi Palembang, dan 2013 diadakan di Padang,” tuturnya.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR