Peserta Rapat Umum Relawan Jokowi, 30 Ribu Orang Kumpul di Sentul

Peserta Rapat Umum Jokowi pada hari Sabtu (4/8/2018) memenuhi gedung SICC Bogor-Jawa Barat. (Foto Budi)

Organisasi Relawan Jokowi pada hari Sabtu (4/8/2018) berkumpul melakukan konsolidasi dengan tema: Rapat Umum Relawan Jokowi, di Sentul International Convention Centre (SICC) Bogor-Jawa Barat. Peserta rapat umum relawan Jokowi sekitar 30 ribu orang, yang hadir memenuhi gedung dan halaman Gedung SICC.

Relawan yang hadir dalam rapat umum ini, terhimpun dalam berbagai organisasi. Dan organisasi yang terlibat diantaranya adalah Projo, Bara JP , Seknas Jokowi, Almisbat, Joman, Duta Jokowi, Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH), GoJo, Galang Kemajuan, Buruh Sahabat Jokowi, JNIB, JAMAN, PIR, KPIT, dan Maluku For Jokowi, serta organ-organ lainnya.

Massa sudah berdatangan sejak jam 9.00 WIB, dan jam 11.00 halaman parkir SICC sudah ditutup bagi kendaraan pribadi. Mereka yang membawa kendaraan pribadi diatas jam 11.00 harus berjalan kaki sekitar 500 meter menuju arena.

Organ Relawan Maluku For Jokowi (dokumen)
Organ Relawan Maluku For Jokowi (dokumen)

Karena keterbatasan tempat di dalam gedung, acara diadakan di dalam dan diluar gedung. Acara dimulai jam 10.00 WIB, dengan orasi dari masing-masing organ relawan, dan hiburan-hiburan, di atas panggung yang sudah disediakan dari semalam.

Sedangkan acara resmi dalam gedung, dimulai pukul 15.00, yang dihadiri oleh Presiden dan perwakilan organ relawan, sesuai dengan kapasitas gedung untuk 12 ribu orang. Sedangkan sisanya, yang menurut pantauan kami, lebih jauh lebih banyak dari yang di dalam gedung, mengikuti acara yang berlangsung di luar gedung.

Presiden memasuki gedung sekitar Pukul 15.00 WIB. Acara dimulai dengan lagu Indonesia Raya dan disusul dengan mengheningkan cipta memperingati jasa-jasa pahlawan. Setelah itu dilanjutkan dengan Parade Tarian Nusantara.

Victor Sirait, Ketua Panitia Rapat Umum Relawan, dalam sambutannya menjelaskan bahwa acara ini merupakan konsolidasi relawan, untuk memperjuangkan Jokowi menjadi Presiden 2 periode. Menurut Victor, hal ini merupakan bentuk kecintan para relawan terhadap Jokowi.

Rapat Akbar Relawan

“Ini bukan kultus individu. Kami mencintai bapak karena bapak mencintai rakyat. Bapak menyapa seluruh masyarakat, dan membangun bukan hanya tersentral di Jawa, tapu sampai pelosok tanah air,” ujar Victor.

Dalam Rapat Umum Relawan juga dibacakan Ikrar dan Pernyataan Sikap Relawan. Seluruh pimpinan organisasi relawan naik ke atas panggung dan membacakan Ikrar dan Pernyataan Sikap Relawan.

Setelah itu Presiden Jokowi memberikan arahan. Sebelum menuju panggung untuk memberikan arahan, Jokowi menghampiri peserta Rapat Umum Relawan dan menyalami mereka satu persatu.

Dalam Rapat Umum Relawan ini Presiden didampingi Kepala Staf Presiden Moeldoko. Tampak pula hadir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadhi, Menteri Tenaga Kerja Hanuf Dhakiri, Ketua Umum Golkar yang juga Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR