Pesona Eksotis Curug Nangka

Pesona Eksotis Curug Nangka (Foto: Eko Octa / Indeks Berita)

BOGOR, boleh dibilang kaya dengan wisata alam. Dari sekian banyak lokasi, adalah wisata air terjun, Curug Nangka yang berada di Kawasan Taman Nasional Halimun Salak atau tepatnya di Warungloa, Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

Curug ini bukan hanya menjadi lokasi favorit warga lokal namun juga banyak dikunjungi oleh warga ibukota yang datang dari Jakarta, Bandung dan sekitarnya. Setiap akhir pekan, wisata alam ini selalu banjir pengunjung. Bisa dimaklumi karena berlokasi tidak jauh dari Kota Bogor, tiket masuk hingga fasilitas kuliner hingga penginapan terbilang masih terjangkau saku pengunjung.

Curug ini berjarak sekitar 500-an meter dari loket tempat parkir kendaraan bermotor. Curug Nangka merupakan wisata yang berupa Air Terjun dibawah naungan RPH Gunung Bunder, BKPH Bogor KPH Kabupaten Bogor. Air terjun yang satu ini mempunyai 3 tahapan, dengan masing – masing memiliki ketinggian antara 10 – 20 m. Masih di kawasan yang sama terdapat juga dua buah curug lagi yaitu Curug Kawung dan Daun. Lokasi dari tiga curug ini antara satu dengan yang lainnya memiliki jarak sekitar 100 meter.

Bagi yang tidak menggunakan angkutan pribadi, bisa menggunakan angkutan umum jurusan Ramayana – Ciapus yang berangkat dari depan Bogor Trade Mall, Jalan Juanda, Kota Bogor. Seterusnya, berhenti di pertigaan sebelum pintu gerbang, dilanjutkan dengan belok kiri kearah Curug Nangka, sedangkan ke sebalah kanan menuju arah Curug Luhur. Selanjutnya dari pertigaan perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki menuju pintu gerbang yang jaraknya kurang lebih setengah kilometer.

Di sepanjang perjalanannya Anda bisa mengabadikan momen yang menakjubkan dan sangat mengesankan. Setelah sampai di curug maka rasa lelah dan capek seakan terbayar lunas oleh keeksotisan dan keindahan air terjunnya. Sejuknya iklim pegunungan, disempurnakan panorama tebing tinggi dengan pohon yang lebat beserta banyaknya kera liar liar membuat wisatawan menemukan makna kenyamanan.

Beberapa fasilitas yang ada di Curug Nangka mendukung pengunjung yang ingin melakukan berbagai kegiatan seperti ‘hiking’, tempat wisata ini juga bisa digunakan untuk wisata kemah karena di kawasan sini tersedia sebuah area untuk camping ground.

Fasilitas lain yang telah tersedia di dalam tempat wisata ini antara lain pos jaga, pondok kerja, loket karcis, jalan setapak, tempat parkir, MCK, shelter atau gardu pandang tempat duduk, ruang informasi serta tempat sampah. Selain itu, deretan warung-warung yang menjajakan makanan di sekitar kawasan Curug Nangka dengan harga yang tidak terlalu mahal membuat suasana liburan jadi lebih berarti. (eko)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR