Pidato Presiden Menyikapi Hasil Rekapitulasi Suara Pilpres

Pidato Presiden Menyikapi Hasil Rekapitulasi Suara Pilpres pada hari Selasa (21/5) di Kampung Deret

Pada hari Selasa (21/5) sekitar pukul 1.00 dini hari, KPU (Komisi Pemilihan Umum) telah mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pilpres 2019, yang hasilnya menunjukan kemenangan pasangan calon Jokowi-Maruf Amin. Siang harinya, pasangan nomor urut 1 itu kemudian melakukan konprensi pers, untuk menyikapi hasil rekapitulasi suara Pilpres tersebut, yang dilakukan di Kampung Deret, Tanah Tinggi, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019).

Di hadapan awak media dan masyarakat Kampung Deret, Presiden Jokowi mengajak seluruh masyarakat untuk bersyukur atas terlaksananya Pemilu yang lancar dan damai. Presiden meyakini kemampuan bangsa ini untuk mengelola perbedaan, hal ini terbukti dalam beberapa kali Pemilu yang sudah dilaksanakan bangsa ini.

“Kita patut berbahagia dan patut bersyukur, bahwa kita terbukti sebagai bangsa yang dewasa. Dewasa dalam berdemokrasi, dewasa dalam melaksanakan Pemilu dan dewasa dalam berbangsa dan bernegara,” ujar Presiden.

Untuk Pemilu kali ini, Presiden juga meyakini akan berlangsung dengan damai sesuai dengan amanat konstitusi. Terkait dengan selesainya rekapitulasi nasional hasil Pemilu serentak pada dini hari tadi, yang menunjukan kemenangan dirinya dalam Pilpres, Presiden menegaskan bahwa rakyat Indonesia telah menentukan kedaulatannya.

“Saya dan Pak Kyai Haji Maruf Amin mengucapkan terimakasih pada seluruh rakyat Indonesia di manapun berada. Atas kepercayaan yang diberikan pada kami berdua,” ujar Presiden.

Kepercayaan dan amanah kepadanya, menurut Presiden, akan diwujudkannya dalam program-program pembangunan yang adil dan merata. Pembangunan itu lanjut Presiden, diperuntukan bagi seluruh golongan dan seluruh lapisan masyarakat di pelosok tanah air

“Setelah dilantik bulan Oktober nanti, kami adalah Presiden dan Wakil Presiden seluruh rakyat Indonesia. Kami adalah peminpin dan pengayom seluruh rakyat Indonesia. Dan kami akan berjuang keras demi terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

Presiden juga mengajak semua komponen bangsa bersatu padu demi perdamaian, demi kesejahteraan generasi kedepan. Kepada penyelenggara dan pengawas Pemilu, kontestan Pemilu, aparat keamanan, dan pihak lainnya, Presiden menyampaikan apresiasinya atas kerja keras mereka sehingga Pemilu dapat berjalan dengan lancar.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR