Pilkada Jawa Timur 2018: Partai Gerindra Masih Ogah Diajak PKB

Hanya dua partai politik yang belum menerima ajakan pertemuan DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur jelang Pilkada Jawa Timur 2018 mendatang. Dua partai politik tersebut adalah Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Padahal diketahui, tujuh partai sudah bertemu PKB dengan mengajak Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, yang rencananya akan diusung dalam pencalonan pemilihan gubernur Jawa Timur. Partai yang sudah berkomunikasi dengan PKB; PDI Perjuangan, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan, Partai NasDem, dan Partai Hanura.

Sekretaris DPD Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad mempunyai alasan, tidak segera melakukan komunikasi politik tersebut. Menurutnya, belum ada kesepakatan yang tepat antara Partai Gerindra dengan PKB, yaitu lebih tepatnya didasarkan pada pemilihan waktu atau jadwal.

“Belum ada waktu yang pas. Sebab, ketua DPD Gerindra Jawa Timur (Soepriyatno) yang berdomisili di Jakarta, membuat Gerindra sulit untuk menentukan waktu yang tepat, “ kata Sadad, Selasa, (20/6/2017).

Masih kata Sadad, jika dibandingkan dengan partai lain, Gerindra adalah satu-satunya partai pilitik di Jawa Timur dengan ketua yang berdomisili di Jakarta. “Sehingga kami sulit untuk menentukan waktu, juga karena kepadatan jadwal beliau,” ujar Sadad.

Sadad menampik tuduhan, kalau Partai Gerindra tidak segera melakukan komunikasi politik, hanya karena tidak mau sama-sama mengusung Saifullah Yusuf sebagai calon gubernur. “Ya intinya itu tadi, nanti kita jadwalkan, “ imbuh Sadad.

Selain soal waktu yang menjadi alasan, tampaknya Partai Gerindra juga tak ingin pencalonan gubernur nanti muncul calon tunggal. Sadad menilai, apa yang dilakukan PKB seolah ingin menggiring opini publik bahwa mayoritas partai politik mendukung ide mengusung calon tunggal.

“Selama ini yang terjadi, manuver yang dilakukan oleh kawan-kawan PKB seakan-akan ingin menggiring opini masyarakat bahwa mayoritas partai mendukung ide mereka untuk mengusung calon tunggal,” kata Sadad yang juga anggota Komisi C DPRD Provinsi Jawa Timur ini.

Menanggapi hal ini, Sekretaris DPW PKB Jawa Timur Badrut Tamam mengatakan, partai telah membuka komunikasi dengan parta manapun, termasuk Partai Gerindra dan PKS.

Kalau dalam bulan Ramadlan ini belum ada waktu yang tepat, maka kami akan mengagendakan selepas Lebaran, “ kata Tamam pada Selasa itu.

Masih kata Tamam, jika nanti benar sudah ditentukan  jadwal yang tepat, pihaknya akan segera berkunjung. “Kami ini niatnya sowan kok. Kami ingin memperkenalkan calon kami kepada partai lain. Selain itu, kami juga berharap mereka mau sepakat bersama kami, menjaga suasana pilkada yang damai,” ujar Tamam.

Tamam juga tidak mempermasalahkan, jika nanti dalam kunjungan ada pandangan berbeda. “Paling tidak kita hormati. Tiap partai itu pasti memiliki mekanismenya sendiri-sendiri,” ujar Tamam.

Sebab, lanjut Tamam, pihaknya  menghormati mekanisme maupun keputusan partai lain. “Sekalipun, nantinya hasilnya berbeda dengan yang kami harapkan. Kami cuma menginginkan suasana yang baik ini tetap terjaga hingga pilkada mendatang,” tandas Tamam.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR