PKB: Rekomendasi Saifullah Yusuf Sebagai Cagub Jawa Timur Menunggu Kesepakatan Partai Koalisi

Wakil Gubernur Saifullah Yusuf (foto istimewa). Rekomendasi Saifullah Yusuf sebagai Cagub Jatim Belum dikeluarkan PKB.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sepertinya masih enggan mengeluarkan rekomendasi tertulis untuk calon gubernur (cagub) Jawa Timur yang akan diusungnya. Demikian pula halnya dengan surat rekomendasi untuk Saifullah Yusuf sebagai Cagub Jawa Timur belum juga dikeluarkan. Meski dalam beberapa kesempatan, partai berbasis nahdliyin ini sudah menyatakan, akan mendukung Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, dalam percaturan pemilihan kepala daerah Jawa Timur 2018 mendatang.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Timur Abdul Halim Iskandar beralasan, belum keluarnya Surat Keputusan (SK) untuk Gus Ipul, karena belum ada pasangan yang akan bergandengan sebagai calon wakil gubernur untuk Gus Ipul.

”Rekomendasi tertulis baru akan turun kalau sudah berpasangan. Untuk menentukan calon wakil gubernur Jawa Timur kita tetap tergantung kesepakatan antar-Parpol pengusung,” ujar Halim, Selasa (18/7/2017).

Dengan demikian, lanjut Halim, partainya masih menunggu kesepakatan antar partai politik koalisi pengusung. Menurutnya, rekomendasi itu tidak harus buru-buru dikeluarkan, karena pilkadanya masih lama pelaksanaannya.

“Melihat hal ini PKB sendiri enggan terburu-buru untuk mengeluarkan rekomendasi. Sebab pemilihan gubernur akan digelar masih lama.Sehingga kami tidak buru-buru membuat rekomendasi tertulis,“ jelas Halim.

Halim juga menandaskan, bahwa PKB tidak akan berpaling ke figur lain. Partainya tetap keukeuh mengusung Saifullah Yusuf. Sabab PKB sebagai partai politik yang didirikan ulama tidak mau menciderai hati ulama.

”PKB sebagai parpol yang didirikan ulama tentunya harus tunduk terhadap rekomendasi ulama,” kata Halim.

Perlu diketahui, sejumlah  partai menyatakan ketertarikannya untuk mencalonkan kadernya untuk mendampingi Gus Ipul. PDI Perjuangan, saat pendaftaran rata-rata mendaftar sebagai calon wakil gubernur.

Sebut saja ada empat kader yang sejatinya siap mendampingi Saifullah Yusuf; Ketua DPD PDI Perjuangan Kusnadi, Bupati Ngawi Budi “Kanang” Sulistyo, Bupati Banyuwangi  Abdullah Azwar Anas, dan anggota DPRD Jawa Timur Suhandoyo.

Selain itu, ada pula Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga menawarkan ketua DPW-nya masing-masing, Musyaffa Noer dan Masfuk untuk mendampingi Gus Ipul.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR