Reses 3 Hari, Wakil Rakyat Kota Bogor Dibekali Rp16.25 Juta

Ketua Komisi D DPRDKota Bogor, Dodi Setiawan

BOGOR –  Terhitung mulai Rabu – Kamis (14-16/9/2016) mendatang, anggota DPRD Kota Bogor bakal menggelar reses di masing-masing daerah pemilihannya. Selama 3 hari nanti, gedung dewan diperkirakan akan sepi tak berpenghuni.

Informasi yang dihimpun indeksberita.com, total dana reses 45 anggota DPRD Kota Bogor senilai Rp731.25 juta. Tiap anggota dewan, selama 3 hari akan dibekali uang reses senilai Rp16.25 juta. Pembekalan anggaran tiap wakil rakyat tersebut untuk jaring aspirasi warga dan kebutuhan makan minum selama masa reses.

“Ya, masing-masing anggota dewan mendapat anggaran Rp16.25 juta. Anggaran tersebut untuk betremu warga saat dengar pendapat dan menjaring aspirasi, serta kebutuhan makan dan minum,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Bogor, Jajat Sudrajat kepada media online ini usai rapat paripurna di gedung dewan, Selasa (13/9/2016).

Masih menurut politisi dari Fraksi PKS DPRD Kota Bogor, pada masa reses selama 3 hari ini, tiap anggota dewan diwajibkan bertemu minimal sebanyak 325 warga.

“Saat bertemu warga, boleh lebih dari itu. Anggaran tersebut (red. Rp16.25 juta) termasuk untuk biaya transportasi, jamuan makan dan minum dan lain-lainnya,” tuturnya.

Keterangan senada juga disampaikan Ketua Komisi D, DPRD Kota Bogor, Dodi Setiawan. Menurutnya, reses ini merupakan momentum silaturahmi bersama masyarakat di Dapil Bogor Utara yang nantinya wajib dihadiri minimal 325 orang.

“Jangan lihat besaran nilainya Rp16.25 juta. Tapi kegiatannya dong. Dalam masa reses ini, saya sudah bertemu masyarakat dan mengeluarkan anggaran. Bahkan, dana yang saya keluarkan juga harus nombok. Saya pikir, kawan-kawan dewan lainnya juga pasti begitu,” tutur Dodi.

Kembali politisi Fraksi Demokrat ini melanjutkan, penggunaan anggaran tersebut nantinya wajib dilaporkan pertanggungjawabannya dengan dokumentasi foto dan tandatangan warga.

“Biasanya, semasa reses pengeluaran saya lebih dari nilai anggaran yang diberikan (red. anggaran reses per dewan Rp16.25 juta). Sebab, saat bertemu masyarakat kita harus memberikan makan, kue, rokok juga memberikan uang saku. Ketentuan yang sudah disepakati, per dewan wajib bertemu 325 orang untuk jaring aspirasi,” ujarnya. (eko)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR