Ribuan WNI Ramaikan Kegiatan Idul Adha 1440 H di Kairo

Dubes RI di Mesir Helmy Fauzi, berikan sambutan dalam acara silaturahmi Akbar sekaligus perayaan Idul Adha 1440 H di Kairo.

KBRI Kairo bekerja sama dengan Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) dan seluruh organisasi kekeluargaan mahasiswa, telah menyelenggarakan Silaturrahmi Akbar di Masjid Assalam yang terletak di Nasr City, Kairo, tanggal 11 Agustus 2019. Menurut keterangan pers tertulis yang dikeluarkan oleh Ahmad Ramadhan, dari Pensosbud KBRI Kairo, acara Silaturahmi Akbar tersebut merupakan bagian dari rangkaian perayaan Idul Adha 1440 H di Kairo.

Lebih dari 3000 mahasiswa dan masyarakat Indonesia menghadiri acara dimaksud. Keluarga Besar KBRI Kairo juga turut menghadiri forum silaturrahmi tersebut. Dubes RI di Mesir, Helmy Fauzy dalam sambutannya menjelaskan bahwa acara ini juga sebagai sarana untuk melepas rindu akan suasana tanah air.

“Silaturrahmi Akbar ini tentu saja dapat menjadi ajang, disela-sela perjuangan menuntut ilmu dan bekerja, untuk kita melepas rindu akan suasana tanah air dan saling menjaga ukhuwah, menjaga persaudaraan sesama anak bangsa Indonesia,” ucap Dubes Helmy Fauzy dalam sambutannya.

Sebelum acara Silaturrahmi Akbar, rangkaian kegiatan Idul Adha di KBRI Kairo diawali dengan shalat Idul Adha di Masjid Indonesia Kairo pada pukul 06.30 pagi waktu setempat. Dubes RI Helmy Fauzy beserta seluruh jajaran staf dan keluarga, perwakilan mahasiswa dan masyarakat Indonesia turut melaksanakan shalat Idul Adha di masjid yang berada di kompleks Sekolah Indonesia Kairo.

“Nabi Ibrahim berhasil lulus dengan gemilang ketika diuji oleh Allah utk berkurban. Kiranya umat Islam dapat meneladani hal tersebut dalam ujian yang diberikan oleh Allah, baik ujian kesusahan maupun ujian kesenangan,” papar Dr. Ahmad Ikhwani, doktor lulusan Al Azhar yg menjadi khatib shalat Idul Adha.

Seusai shalat, Dubes RI dan para jama’ah turut menyaksikan penyembelihan hewan qurban di halaman Sekolah Indonesia Kairo.Terdapat 6 sapi dan 6 ekor domba hasil sumbangan Dubes RI dan seluruh jajaran staf dan penyumbang lainnya. Penerimaan, penyembelihan dan distribusi qurban dilaksanakan oleh panitia yg dibentuk KBRI Kairo.

Seluruh perwakilan kekeluargaan mahasiswa, masyarakat Mesir sekitar dan para dhuafa turut menikmati pembagian qurban tersebut. Keseluruhan rangkaian kegiatan yang berlangsung sejak pagi hingga sore hari tersebut berlangsung lancar dan mendapatkan sambutan yang antusias dari masyarakat Indonesia.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR