Sekretaris DPC PDIP Kota Bogor Berbagi Kiat Bangun Koperasi

Sekretaris DPC PDIP Kota Bogor, Atty Somadikarya saat menjadi pembicara kadertiasi Keluarga Besar Marhaenis (KBM) di Semarang, Minggu (7/8/2016). Foto: eko/indeksberita

Semarang – Mewakili Jawa Barat, Ketua Koperasi Serba Usaha (KSU) Karya Mandiri Kota Bogor, Atty Somaddikarya sampaikan jerih payahnya membangun koperasi, saat menjadi narasumber kegiatan kaderisasi Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Keluarga Besar Marhaenis (KBM) di Semarang, Minggu (7/8/2016). Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Bogor ini menuturkan kiat suksesnya mengajak masyarakat membangun ekonomi kerakyatan, hingga koperasinya berhasil menjaring 12 ribu anggota.

“Kemandirian satu wilayah harus dimulai dari lingkup terkecil, yaitu kesejahteraan masyarakat yang berbasis Rukun Warga (RW). Membentangkan spanduk larangan rentenir atau bank keliling dilarang masuk ke wilayah, itu bukan solusi,” tukas Atty.

Membangun koperasi, sambung Atty, merupakan pilihan tepat mensejahterahkan masyarakat. Sebab, jika masyarakat sudah terbebas dari jeratan rentenir, maka akan tercapai kemandirian ekonomi. Lalu, apa rahasia kiat suksesnya bangun koperasi yang kini memiliki ribuan anggota?

“Saya tak akan menutup pintu bagi siapa aja yang ingin belajar tentang konsep koperasi yang sekarang yang saya jalani ini. Program pinjaman bergulir yang dilakukan yakni tanpa bunga dan jaminan. Selain itu, pada waktu tertentu koperasi kami juga menggelar pasar murah yang diperuntukan bagi masyarakat,” ujar Atty didepan peserta kaderisasi.

Atty pun mengungkapkan rasa syukurnya lantaran bisa berbagi cerita dan ide untuk menciptakan serta menumbuh-kembangkan semangat ekonomi kerakyatan.

“Alhamdulilah bisa berbagi strategi membentuk masyarakat yang mandiri di bidang ekonomi di tingkat Nasional. Karena acara ini juga di hadiri Gubenur Jawa tengah Ganjar Pranowo dan di kawal langsung oleh Ketua Dekopin yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Jajat Sudrajat,” papar Atty seraya menambahkan kegiatan tersebut berlangsung di Semarang dari mulai tanggal 5 sampai dengan 7 Agustus 2016.

Pada kegiatan kaderisasi tersebut, selain Atty, juga hadir Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo yang ikut jadi narasumber tentang ekonomi mandiri. Acara kaderisasi Keluarga Besar Marhaenis itu dihadiri 225 peserta dari seluruh wilayah Indonesia. Setiap propinsi mengirim perwakilan maksimal 5 orang. (eko)

BAGIKAN

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR