Semarak HUT RI-74 di Nabire

Bupati Nabire Isaias Douw memberikan penjelasan kepada wartawan setelah upacara Kemerdekaan RI-74 di Nabire

Upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) 17 Agustus 2019 di Kabupaten Nabire, Provinsi Papua berlangsung khidmat. Upacara dilaksanakan di lapangan Sapta Marga Kodim 1705/Paniai, Sabtu, (17/08/19).

Kabag Humas dan Protokol-Setda Nabire, yang juga Koordinator Dokumentasi dan Publikasi HUT RI 2019, Yermias Degei menjelaskan bahwa yang bertindak sebagai Pembina Upacara, Bupati Nabire, Isaias Douw, S. Sos., MAP. Sedangkan Komandan Upacara, Kapten Inf Duriyat, Pasi Ops Kodim 1705 Paniai. Sedangkan pembaca naskah Proklamasi Ibu Katherin Maruanaya, mewakili Ketua DPRD.

Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tingkat kabupaten Nabire berjumlah 25 orang diseleksi secara ketat oleh panitia dari seluruh siswa SMA dan SMK yang berada di Nabire. Anggota Paskibra yang membawa duplikat bendera merah putih adalah salah satu putri terbaik kabupaten Nbaire, Renita Kotouki dari SMA YPK Tabernakel.

Upacara diikuti oleh TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), pimpinan dan anggota DPRD, mahasiswa, pelajar, unsur pimpinan organisasi kemasyarakatan. Tampak pula hadir tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan, pimpinan BUMD dan BUMN serta masyarakat.

Usai Upacara dilanjutkan dengan pembacaan juara sejumlah lomba yang telah digelar di kantor Kabupaten Nabire dalam rangka memperingati HUT ke-74 RI, pemberian remisi, dan Display Dramband, serta foto bersama Forkopimda.

Pada jumpa Pers usai upacara detik-detik proklmasi, Bupati Nabire Isaias Douw, S. Sos. MAP., didampingi unsur Forkopimda kepada para awal media menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang menyukseskan semua kegiatan hingga pada pelaksanaan detik-detik proklamasi HUT RI tahun 2019 di Kabupaten Nabire yang telah berlangsung aman dan sukses.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, seluruh masyarakat kabupaten Nabire, khususnya seluruh panitia yang terdiri dari unsur Forkopimda, TNI, Polri, para ASN, unsur masyarakat dan khususnya kepada anak-anakku, Paskibra pelajar SMA dan SMK se-Kabupaten Nabire, ” kata Bupati.

“Saya minta kepada anak-anakku Paskibra agar bekal disiplin, mental dan pengetahuan serta ideologi empat pilar bangsa yang didapatkan melalui bimbingan dan pelatihan dari pembina dapat diaplikasikan dalam kehidupan selanjutnya, khususnya dalam belajar serta dapat ditularkan kepada para pelajar lain,” kata Bupati Isaias.

Terkait tema HUT RI 2019, “SDM Unggul, Indonesia Maju”, Bupati Isaias mengajak semua pihak agar mendukung semua upaya yang dilakukan pemerintah daerah dalam rangka pembangunan sumber daya manusia.

“SDM adalah hal paling utama dan mendasar dalam mengisi kemerdekaan dalam rangka menuju Indonesia yang maju dalam segala aspek, khususnya Papua dan Nabire. Untuk itu, saya minta agar seluruh masyarakat memastikan bahwa semua anak usia sekolah memperoleh pendidikan dasar, pendidikan wajib 9 tahun. Kepada para mahasiswa agar budayakan membaca dan menulis, terus belajar. Kepada masyarakat agar budayakan kebiasaan belajar di rumah karena belajar itu tidak memandang usia, belajar sepanjang hayat,” ajak Bupati.

“Kita akan bersaing dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju ini hanya jika kita membangun diri, bekali diri dengan pengetahuan dan keterampilan. Maka mari kita budayakan setiap malam belajar,” ajak Ketua Asosiasi Bupati Meepago, 6 kabupaten ini.

“Saya juga mengajak agar kita semua menjaga keamanan daerah, jaga keragaman yang ada. Karena perbedaan adalah anugerah dari Tuhan. Mari kita rawat empat pilar bangsa, yakni pancasila, undang undang dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI,” kata Isaias.

IMG-20190817-WA0211

Diketahui, Panitia HUT ke-74 RI Kabupaten Nabire menggelar sejumlah kegiatan lomba, kegiatan sosial dan kegiatan pembinaan dan pendidikan selama bulan Agustus 2019 sesuai arahan Bupati Nabire, Isaias Douw, S. Sos., MAP.

Ragam kegiatan diikuti warga masyarakat Kabupaten Nabire, PNS/ASN, TNI/Polri, Pelajar, Mahasiswa, Organisasi Sosial Kemasyarakatan, dan masyarakat umum.

Kegiatan dalam rangka HUT RI 2019 diawali dengan kerja bakti di jalan umum, kantor, dan menghias kantor, menaikann bendera di halaman rumah dan kantor di kota Nabire.

Aneka kegiatan yang digelar, misalnya lomba lari 10 KM untuk siswa SMP, SMA/SMK, Perguruan Tinggi dan Masyarakat Umum dilaksanakan Rabu, 7 Agustus 2019, Pukul 06.00 WIT dengan titik star dan finish di Taman Gizi.

Lomba tarik tambang dengan peserta seluruh OPD se-Kab. Nabire dilaksanakan pada Kamis, 8 Agustus 2019, Pukul 09:00 WIT bertempat di lapangan kantor Bupati.

Lomba masak kuliner tradisional dengan peserta khusus bagi para Sekretaris OPD se-Kab. Nabire khusus laki-laki dilaksanakan Jumat, 9 Agustus 2019, Pukul 09.00 WIT, di Pantai Nbaire.

Lomba Pidato dan membaca Puisi tingkat Pelajar dan mahasiswa digelar pada Jumat, 9 Agustus 2019 pukul 08.00 WIT di aula Dinas PUPR. Lomba tarik tambang untuk ASN dilaksanakan pada Kamis, 8 Agustus 2019, Pukul 09.00 WIT sampai selesai di Kantor Bupati Nabire.

Lomba memasak dengan peserta para Sekretaris dan Kabid OPD dilaksanakan tanggal 13 Agustus 2019, Pukul 09.00 WIT di Pantai Nabire. Lomba Yospan jalan dengan peserta pelajar dan umum dilaksanakan pada Selasa, 13 Agustus 2019, Pukul 14.00 WIT dengan titik star di Kantor Bupati dan finish di Taman Gizi.

Lomba gerak jalan indah tingkat pelajar SD dan SMP dilaksanakan pada Jumat, 9 Agustus 2019, Pukul 06.00 WIT dengan titik star dan finish Taman Gizi. Lomba gerak jalan tingkat SMA dan umum dilaksanakan pada Jumat, 12 Agustus 2019, Pukul 06.00 WIT dengan titik star dan finish di Taman Gizi.

Karnaval Jalan untuk umum dilaksanakan pada Senin, 19 Agustus 2019, Pukul 13.00 WIT, star di Lapangan Sapta Marga dan finish di Taman Gizi.

Selain lomba-lomba, Panitia HUT RI 2019 Kab. Nabire juga melaksanakan kegiatan pembinaan sadar hukum pada Senin, 5 Agustus 2019 dan Selasa, 6 Agustus 2019, Pukul 09.00-11.00 WIT oleh Polres Nabire dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab.Nabire. Kegiatan sosial berupa Anjang Sana, menyaluran bantuan sosial di 10 Asrama Yayasan dilaksanakan oleh Dinas Sosial pada Rabu, 14 Agustus 2019, Pukul 09.00-11.00 WIT.

Sebagaimana himbauan Bupati Nabire, selain kegiatan dan lomba di atas, beberapa OPD melaksanakan kegiatan lomba dan hiburan. Sekretariat daerah misalnya mengadakan pertandingan bola volly, lomba karoke, lomba masak, dan sejumlah kegiatan lainnya di lapangan kantor Bupati.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR