Seniman Jogja Plesetkan Malari Lomba Masak Lima Belas Januari

Foto ilustrasi untuk promo kegiatan Malari versi Budayawan Yogyakarta (istimewa)

Mengawali tahun 2018 sejumlah penggiat gerakan budaya di Yogyakarta berkolaborasi menggelar event MALARI: Lomba Masak Lima Belas Januari Seniman & Budayawan Yogyakarta. Rencananya akan dilaksanakan pada hari Senin 15 Januari 2018 pukul 15.00 – 17.00 di XT Square Yogyakarta.

Kegiatan ini tentu saja tak dimaksud menyaingi acara tahunan yang digelar Hariman Siregar dan kawan-kawan yang kali ini diadakan di Yogyakarta. Pada hari yang sama di UGM digelar diskusi publik yang mempertanyakan arah reformasi kini, dengan pembicara: Max Lane, Daniel Dhakidae, Ari Sudjito, Bima Yudhistira dan Emha Ainun Nadjib.

Masakan yang dilombakan adalah nasi goreng. Nasi goreng dipilih karena merupakan kuliner khas Indonesia dan sangat populer di masyarakat. Lomba akan dinilai dewan juri dan bagi pemenang disediakan sejumlah hadiah menarik.

Kriteria utama penilaian meliputi rasa dan estetika penyajian. Hasil masakan seniman budayawan akan di dahar kembul oleh hadirin yang datang. Panitia mengundang sekaligus mengajak seniman dan budayawan yang berkenan ikut dalam event Malari yang diadakan dengan semangat memupuk rasa persaudaraan dan kebersamaan di kalangan seniman budayawan.

Panitia menyediakan tungku dan arang. Sementara bahan baku masakan dan peralatan memasak serta piring disediakan sendiri oleh peserta. Sejauh ini yang bersedia ikut sebagai peserta lomba masak antara lain Achmad Charis Zubair, Ari Wulu, Anang Batas, Astuti, Bambang Heras, Bimo Wiwohatmo, Dewan Teater Yogya, Dewo PLO, Dadik Jikustik, Eko Bebek, Joko Santosa, Kelompok Swara Ratan, Komunitas Kembang Adas, Lusi Laksita, Marwoto Kawer, Maya Kumandang, Ons Untoro, Obrolan Angkring, Pardiman Djoyonegoro, Sanggarbambu, Sanggar Gito Gilang, Sri Krishna, Sugeng Iwak Bandeng, Hari Dendi, Hajar Pamadhi, Hendro Plered, Teater Semero, Tedjo Badut, Totok Rahardjo, Wisben, Yati Pesek dan lain sebagainya.

Menurut Widihasto Wasana Putra, Ketua Panitia, “Event MALARI Lomba Masak Lima Belas Januari 2018 Seniman Budayawan Yogyakarta digagas sejumlah kalangan yakni Indra Tranggono, Khocil Birawa, Wawan Isnawan, Tri Agus S Siswowiharjo, Nano Asmorodono dan Anggoro Suharjanto.

“Seniman dan budayawan yang berminat ikut memeriahkan acara dapat menghubungi panitia 08122743726, 08777761881, 085868729106,” lanjut direktur XT Square itu.

Panitia berencana menggelar technical meeting acara pada Sabtu (13/1) pukul 15.00 – 17.00 di XT Square. Seniman budayawan yang sudah konfirmasi ikut sebagai peserta lomba masak maupun peserta baru dimohonkan kehadirannya di technical meeting, demikian papar Widihasto.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR