Sepak Bola Menyerang Vs Catenacio, Siapa Favorit Juara Piala Dunia 2018 ?

Logo resmi Piala Dunia FIFA 2018 di Rusia (wikipedia)

Gugurnya Brazil maka Inggris menjadi favorit juara piala dunia 2018 dengan catatan mampu melewati hadangan Swedia dan pemenang dari laga Rusia Vs Kroasia. Lawan Inggris dipastikan Prancis atau Belgia .

Mengingat Prancis dan Belgia memiliki kekuatan yang berimbang kemenangan pada partai semi final antara keduanya diperkirakan diperoleh dengan kerja keras baik Prancis maupun Belgia. Kondisi ini akan mempengaruhi faktor kelelahan pemain kedua negara dan dipastikan partai semi final keduanya merupakan puncak penampilan sehingga partai final merupakan titik anti klimaks penampilan baik Prancis maupun Belgia .

Hal ini disebabkan Prancis dan Belgia sejak babak 16 besar bertarung dengan keras melawan lawan lawan yang menjadi favorit Juara yaitu Argentina , Brazil maupun Uruguay bahkan Jepang negara Asia terakhir yang bertarung dengan penuh berani tanpa rasa takut yang membuat Belgia harus menunggu sampai dengan menit menit terakhir pertandingan untuk memastikan kemenangannya.

Sedangkan Inggris secara kolektivitas memiliki kekuatan diatas semi finalis lainnya baik Rusia, Swedia Maupun Kroasia. Secara usia pemain pemain Inggris adalah pemain pemain muda yang memiliki fisik , skill dan pengalaman bertanding pada kompetisi liga Inggris dimana hampir seluruh pelatih terbaik di dunia melatih klub di liga premier.

Jika skenario ini berjalan dan Inggris dapat sedikit lebih mudah mengalahkan lawan lawannya maka dipastikan kebugaran tim akan lebih baik dari Belgia atau Prancis saat pertandingan puncak atau final di laksanakan .

Kuda hitam juara berikutnya adalah Rusia, dengan pemain yang rata rata usianya diatas pemain Inggris, Perancis atau Belgia serta taktik bertahan ( negative football ) maka Rusia dapat menjadi kuda hitam juara sebagaimana Italia dengan taktik catenacio dengan catatan Kroasia gagal membongkar permainan bertahan total ala Rusia .

Jika benar Rusia menjadi juara dunia maka piala dunia 2018 adalah anti tesis dari perkembangan sepak bola dunia yang mengandalkan permainan menyerang serta penguasaan bola ( ball possesion ) plus satu atau dua pemain bintang sebagai penyerang atau goal getter.

Sebagai penggemar sepak bola menyerang yang menjadi visi banyak pelatih dan pemain sepak bola serta doa seluruh penggemar sepak bola dunia, partai final akan mempertemukan negara yang menganut sepak bola menyerang ( Inggris atau Kroasia ) bertemu dengan pemenang antara Perancis vs Belgia.

Karena bertemunya dua negara penganut visi sepak bola menyerang akan menjadikan final penyelengaraan piala dunia ditutup dengan sempurna dan menjadi pesta dunia yang sedang mengalami proses perubahan tatanan baru akibat konflik dan peperangan yang berbasis pada identitas .

Salam olah raga

 

Dr Andry Wibowo Sik MH Msi
Dr Andry Wibowo Sik MH Msi

Penulis Dr Andry Wibowo Sik MH Msi, mantan Kapolres Metro Jakarta Timur, penggemar sepakbola, dan menulis disertasi tentang konflik suporter sepakbola.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR