Situ Gede, Pilihan Wisata Murah Meriah

BOGOR boleh dibilang kaya dengan wisata alam. Banyak tempat yang menjanjikan suasana alam asri dan keindahan panorama. Salah satunya, Situ Gede, Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Bagi yang bosan dengan berakhir pekan ke arah puncak, tidak ada salahnya mencoba berwisata ke danau Situ Gede yang memiliki luas lebih kurang 6 hektar.

Tidak sekedar murah, tempat wisata yang berada di tepi hutan Dramaga yang berdekatan dengan lembaga pusat penelitian kehutanan bernuansa alam pedesaan ini menjanjikan kepuasan tersendiri bagi tamunya.

Di lokasi ini, pengunjung bisa memilih memancing atau berpiknik dengan keluarga. Pengelola tempat ini juga menyediakan perahu bebek-bebekan maupun perahu dayung yang bisa disewa mengelilingi danau.

Untuk mencapai obyek wisata ini, jaraknya hanya sekitar 10 kilometer dari Stasiun Bogor atau hanya berjarak sekitar 3 km dari Terminal Bubulak. Soal tiket masuk, tidak mahal. Cukup hanya dengan merogoh kocek saku Rp5000 dan Rp2000 untuk anak-anak.

Danau Situ Gede merupakan salah satu wisata yang terjangkau lintas kalangan. Di tepi danau, tersedia fasilitas gaezebo, taman, hingga area perkemahan. Di sisi lain, juga juga terdapat jejeran kuliner yang menawarkan layanan yang terbilang murah.

“Hari libur disini lebih ramai dibanding hari biasa. Mungkin karena lokasi disini murah meriah. Tidak hanya siang, malam pun masih banyak yang berkunjung. Tapi hanya untuk memancing,” tutur warga setempat, Irma kepada indeksberita.com, Minggu (10/4/2016).

Wanita yang juga menjajakan produk kuliner di lokasi tersebut mengatakan, setiap Sabtu dan Minggu, pengunjung yang datang masih didominasi warga Bogor dan sekitarnya.

“Barangkali promosinya kurang, jadi masih banyak yang tidak tahu. Padahal dibanding tempat wisata lain, mulai kenyamanan sampai tiket masuk tidak mahal,” ucapnya.

Tidak jauh dari Situ Gede juga terdapat Hutan Dramaga. Hutan kota itu merupakan kawasan Pusat Penelitian Kehutanan Internasional (CIFOR, Center for International Forestry Research).

Pantauan media online ini, banyak pengunjung pasangan muda mudi yang memilih menikmati joging atau sekedar bersantai di hutan penelitian. Bahkan, ada juga pasangan yang menjadikan tempat alternatif ini sebagai foto pra-wedding.

“Tempatnya bagus dengan dukungan alam yang menarik. Selain itu juga gratis, tidak ada pungutan,” ujar Dimas, warga Parung yang akan menikah pekan depan menyampaikan alasannya. (eko)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR