Sopir Tangki BBM Turun Jalan Tuntut Upah

Demo sejumlah sopir Tangki PT Pertamina Patra Niaga dan PT Elnusa Tbk.

Para sopir tangki BBM yang tergabung dalam Awak Mobil Tangki Pertamina Patra Niaga (AMT PPN) Surabaya, bergerombol di depan depot pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM). Mereka berada tepat di Jalan Perak Barat No. 277 Surabaya.

Kata salah seorang yang mengaku Koordinator Lapangan Tisno, mereka sedang berdemonstrasi menuntut hak yang selama ini belum terpenuhi. Tisno mengklaim, ada sekitar 200 buruh yang ikut dalam demonstrasi itu.

“Ada 200 orang di sini haknya belum dipenuhi. Tapi mereka disuruh bekerja terus, maunya apa. Kami tidak banyak tuntutan, hanya hak normatif saja yang kami inginkan,” kata Tisno, Senin (19/6/2017).

Menurut Tisno, apa yang dilakukan ini adalah bentuk pengingatan terhadap PT. Pertamina Patra Niaga. Selama ini, masih kata dia,  selalu lalai memenuhi hak setiap buruh yang bekerja.

“Upah kami seringkali dibayar telat. Banyak rekan kerja kami juga di PHK. Outsourching juga itu harusnya di hapus juga, kasihan kami yang hanya ingin mencari nafkah tapi dipersulit,” tandas Tisno.

Tisno pun menjelaskan, bersama karyawan lain, berencana akan menggelar aksi ini hingga tujuh hari ke depan. Bersama Serikat Buruh Transportasi Perjuangan Indonesia (SBTPI) dan Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia (FBTPI) akan menuntut hak serupa di enam provinsi di Indonesia, seperti di Makassar dan Jakarta.

“Kami akan tetap disini sampai tanggal 26 Juni 2017. Bahkan bila perlu kami tidak mudik dan berlebaran di sini, sampai 414 rekan kami yang di PHK jelas nasibnya, dan seluruh hak kami dipenuhi,” ujar Tisno Tisno.

Aksi serupa sebelumnya pernah terjadi pada Senin, (29/5/2017), menuntut hak seorang rekannya yang dikatakan telah di PHK secara sepihak. Namun hal itu tidak pernah mendapat tanggapan dari PT. Pertamina Patra Niaga dan PT Elnusa Tbk.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR