Sosok Romahurmuziy Ketua PPP yang Ditangkap KPK

Ditangkapnya ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy yang biasa disapa Rommy, mengagetkan banyak pihak, terutama terkait dengan makin dekatnya Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden. Bagaimana sosok Romahurmuziy, dirangkum redaksi dalam tulisan ini.

Rommy yang nama lengkapnya Muhamad  Romahurmuziy, lahir di Sleman, 10 September 1974. Di usianya 44 tahun. Total harta yang dia miliki Rommy mencapai Rp 11.834.972.656 dan 51.377 dolar AS.

Harta tersebut terdiri atas tanah dan bangunan senilai Rp 2,5 miliar berlokasi di Jakarta Timur, Tangerang Selatan, dan Kabupaten Sleman. Harta bergerak berupa mobil Kijang Innova 2 buah, 1 mobil Pajero Sport, 1 motor Supra Fit, dan 1 mobil Ford Laser dengan nilai sekitar Rp 775 juta.

Ia memiliki peternakan dari PT Dugapat Mas senilai Rp 1,47 miliar. Selain itu ia memliki batu mulia dengan total Rp 425 juta dan surat investasi hingga Rp 1,15 miliar. Simpanan uang kas Rommy hingga Rp 5,28 miliar dan 51.377 dolar AS.

Selama menduduki sebagai anggota DPR RI 2009-2014. Ttercatat hanya satu kali ia melaporkan harta kekayaan. Seperti apa sosok Romahurmuziy yang ditangkap KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Surabaya, Jumat, 15 Maret 2019. Berikut ini fakta-fakta tentang Romahurmuziy.

#1. Ketum PPP#

Romahurmuziy terpilih sebagai ketua umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada Oktober 2014. Ia menggantikan Suryadharma Ali dalam Muktamar VIII PPP di Surabaya.
Sebelumnya, ia merupakan Sekjen DPP PPP periode 2011-2015, terpilih melalui Muktamar VII PPP di Bandung tahun 2011.

#2. Anggota DPR#

Hingga kini Rommy masih menduduki sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019 dari PPP. Dia mewakili dapil Jawa Tengah VII.
Sejak 30 Mei 2011, dia duduk sebagai Ketua Komisi IV DPR mewakili Fraksi PPP. Komisi IV membidangi masalah pertanian, perkebunan, kehutanan, pangan, kelautan, dan perikanan. Kini dia duduk di Komisi XI DPR.

#3. Cucu Menag Muhammad Wahid Wahab#

Romahurmuziy adalah cucu Menteri Agama ketujuh RI KH Muhammad Wahib Wahab. Dia anak KH Prof Dr M Tolchah Mansoer, SH, pendiri Ikatan Pelajar NU (IPNU), anggota DPR-GR mewakili Partai NU DIY zaman Pemerintahan Ir Soekarno, dan Rois Syuriah PBNU 1984-1986.

#4. Lulusan ITB#

Rommy menyelesaikan pendidikan di Magister Teknik (MT), Fakultas Pasca Sarjana, Jurusan teknik dan management industri Institut Teknologi Bandung, bidang kekhususan kebijakan industri. Ia tertarik pada ilmu ekonomi bidang engineering economics.
#6. Ditangkap KPK#

Terbaru, KPK menangkap Romahurmuziy. Sebelum diterbangkan ke Gedung KPK Kuningan. Rommy menjalani pemeriksaan awal di di Mapolda Jawa Timur.
Ketua KPK Agus Rahardjo membenarkan adanya operasi tangkap tangan (OTT) di Jawa Timur Selain empat orang lainnya, termasuk ada Rommy.
Lokasi penangkapan disebutkan berada di Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Surabaya.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR