Survey SMRC: Ahok masih Unggul

Empat bulan menjelang pemilihan gubernur DKI Jakarta berlangsung, posisi Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) tetap unggul dibandingkan dua pesaingnya, kata Sirojudin Abbas saat menyampaikan hasil survey Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) tentang Pilkada DKI Jakarta 2017.

Sirojudin mengatakan, survey lembanganya dilakukan pada tanggal 1-9 Oktober 2016 dengan jumlah responden sebanyak 648 orang. Responden dipilih berdasarkan metode “multistage random sampling”.

Menurut survey SMRC, bila pemilihan dilakukan saat ini sebanyak 44,4 persen warga Jakarta akan memilih Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta. Posisi berikutnya ditempati Agus Harimurti (22,3%), kemudian disusul Anies Baswedan 19,9 persen. Hanya sebanyak 13,4 persen responden yang menyatakan tidak tahu atau rahasia.

“Tantangan bagi Agus dan Anis untuk mengejar ketertinggalan akan menjadi sulit, karena 70 persen masyarakat menyatakan tidak akan mengubah pilihannya pada pilkada nanti, hanya 29 persen yang menyatakan akan mengubah pilihannya,”ujar Sirojudin di Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta Pusat, pada Kamis (20/10).

Sementara, lanjut Sirojudin, tingkat kepuasan warga DKI terhadap kinerja Ahok meningkat 5 persen menjadi 75 persen, dari sebelumnya 70 persen pada survey Agustus 2016. Sementara yang kurang atau tidak puas hanya mencapai 22 persen.

Kepuasan masyarakat DKI terhadap sarana dan prasana yang ada di DKI saat ini cukup tinggi. Untuk kondisi rumah sakit dan puskesmas 92 persen, pelayanan di Kecamatan dan Kelurahan 90 persen, gedung sekolah 90 persen, air bersih 89 persen, jaringan listrik 89 persen, kondisi jalan 88%, kebersihan dan pengelolaan sampah 80 persen, berada dalam kategori baik atau sangat baik.

“Yang rendah hanyalah kondisi kelancaran transportasi 49 persen,” katanya.

Aspek lain, masyarakat menyatakan bahwa empat sifat kepemimpianan yang paling penting dimiliki seorang Gubernur DKI Jakarta, yaitu, jujur, bisa dipercaya dan bersih dari korupsi (44,7 persen), mampu memimpin (17,2 persen), perhatian pada rakyat (16,2 persen) serta tegas dan berwibawa.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR