Survey SSI: Ahok-Djarot Masih Tertinggi, Tingkat Keyakinan Pemilih Semakin Solid


Survey yang dilakukan Skala Survey Indonesia (SSI) pada tanggal 6-11 Oktober 2016 di seluruh wilayah DKI, menempatkan pasangan calon gubernur DKI Ahok-Djarot sebagai pasangan calon tertinggi elektabilitasnya. Sedangkan pasangan Agus-Silvy dan Anies-Sandy menempati posisi ke 2 dan ke 3. Adapun proporsi elektabilitasnya adalah sebagai berikut:

1. Ahok-Djarot 33.8%

2. Agus-Silvy 19.6%

3. Anis-Sandy 18.8%

Sedangkan yang tidak tau/tidak menjawab atau rahasia mencapai 27,9%.

Hasil tersebut diumumkan oleh Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim, pada hari ini (23/10) di Menteng, Jakarta Pusat.

Yang menarik dari temuan survey ini, adalah tingkat keyakinan pemilih dari masing-masing kandidat. Tingkat keyakinan pemilih terhadap kandidatnya semakin solid.

Pemilih Ahok-Djarot 96.6% yakin dan sangat yakin dengan pilihannya. Disusul oleh pemilih Anies-Sandy sebesar 94.6% dan Agus-Silvy sebesar 91.7%.

“Tingkat keyakinan pemilih menyangkut kemungkinan bergesernya pilihannya. Jadi pemilih Agus-Silvy yang mungkin masih bergeser pilihannya sebesar 8.3%, sedang pasangan Ahok-Djarot dan Anies-Sandy yang kemungkinan bergeser hanya 3.4% dan 5.4%” demikian penjelasan Hakim kepada awak media.

Dari penjelasan tersebut dan berdasarkan tingkat elektabilitas yang hanya berbeda 0.8% antara pasangan Agus-Silvy dan Anies-Sandy, maka pergeseran pemilih akan terjadi di antara pasangan calon tersebut.

Adapun survey tersebut dilakukan dengan metode face to face interview terhadap 800 respenden, yang mewakili tingkat kepercayaan 95% dan margin error 3.46%. Responden yang dipilih dengan dengan menggunakan multistage random sampling.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR