Tim Binmas Polda Kaltara Turun, Gelar Lomba Bhabinkamtibmas di Nunukan

Direktur Bimbingan Masyarakat (Dir Binmas) Polda Kaltara Kombes Yamin Sumitra saat memberikan pengarahan kepada para anggota Bhabinkamtibmas Polres Nunukan.

Di pimpin Direktorat Bimbingan Masyarakat Kombes Drs. Moh Yamin Sumitra, Tim Binmas Polda Kalimantan Utara (Kaltara) tiba di Nunukan pada Minggu 16 Juni 2019. Kedatangannya untuk menggelar lomba Bhabinkamtibmas di Nunukan, yang bertujuan untuk memacu dan memastikan peningkatan kinerja Bhabinkamtibmas di seluruh sektor hukum di wilayah Polres Nunukan.

Kapolres Nunukan AKBP Teguh Triwantoro melalui Kasubag Humas Polres Nunukan Iptu M Karyadi menuturkan, sesampainya di Nunukan, Tim tersebut langsung mengumpulkan Para Anggota Bhabinkamtibmas di Jajaran Polres Nunukan

“Jumlahnya sekitar 86 Bhabinkamtibmas yang tersebar di Desa se Kabupaten Nunukan. Pertemuan tersebut digelar di Ruang Endra Dharma Laksana Polres Nunukan,” papar Karyadi, Minggu (16/6/2019).

Didampingi Kapolsek KSKP AKP I Berlin, Kombes Yamin memberikan pengarahan Kepada perwakilan dari 9 jajaran Polsek diantaranya, Polsek Nunukan, Polsek sebatik Timur, Polsek sebatik Barat, Polsek Lumbis, Polsek Sembakung, Polsek Sebuku,

“Adapun Babinkamtibmas Polsek Krayan dan Krayan Selatan berjumlah 30 Anggota,” beber Karyadi

Menurut Karyadi, Dir Binmas dalam arahanya tersebut, menekankan Peran penting seorang Anggota Bhabinkamtibmas yang bertugas di desa Binaan, Desa Pantauan dan Desa Sentuhan agar keberadaanya betul- betul dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat setempat.

“Seorang Bhabinkamtibmas dengan semboyan Sedapur Sekasur dan se-Sumur ini harus betul-betul di di pahami bahwa kedekatan Bhabinkamtibmas kepada Masyarakat tidak bisa di pisah kan dimana ada Masyarakat di situ ada Sosok seorang Polisi Bhabinkamtibmas yang mengemban Keamanan dan perlindungan kepada masyarakat,” ujar Karyadi mengutip arahan Kombes Yamin

Selain itu, kedatangan Tim Binmas Polda ke Polres Nunukan juga dalam rangka menyongsong HUT Bhayangkara ke- 73. Dalam peringatan hari jadi korps seragam coklat tersebut, Kombes Yamin juga memastikan pageralan lomba bagi para Bhabinkamtibmas di jajaran Polda Kaltara.

“Hal ini sesuai Arahan Waka polri dan As OPS dalam Vidio Konferen terkait persiapan HUT Bhayangkara agar melaksanakan kegiatan,-kegiatan di antaranya Lomba Bhabinkamtibmas,” imbuh Karyadi.

Dalam perlombaan nanti, kriteria penilaian menitik beratkan pada anggota Bhabinkamtibmas yang mempunyai kepedulian dan melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat termasuk pelaksanakan Problem Solving

“Yakni menyelesaikan permasalahan masyarakat baik sosial, lingkungan, di Desa,” ungkap Karyadi.

Lomba juga akan menyasar bagi Bhabinkamtibmas yang membangun Sinergitas Komonikasi aktif bersama 3 (tiga) Pilar yaitu Kepada Desa, Babinsa (TNI) dan Bhabinkantibmas (Polri) dalam mengelola Menejemen Pembinaan terhadap masyarakat Desa.

“Termasuk menilai keaktifan Bhabinkamtibmas dalam melakukan pengawasan , aktif dalam laporan terhadap pemanfaatan penggunaan Dana Desa. Ini sesuai Arahan Kapolri saat melaksanakan MOU antara Kapolri, Kemendes dan Mendagri dalam penggunaan Dana Desa,” tutur Karyadi.

Karyadi juga mengungkapkan, dalam Anev mingguan Kapolres Nunukan bersama para pejabat Polres Nunukan selalu menekankan kepada Kasat Binmas dan para Kapolsek agar peran Bhabinkamtibmas dimaksimalkan sehingga betul-betul menjadi Sosok seorang Polisi yang mengayomi bagi kepentingan masyarakat.

“Dan sekaligus menjadi sosok tempat mengadu masyarakat, tempat curahan masyarakat dalam menyesalkan permasalahan yang ada di tengah-tengah Masyarakat yang ada di Desa,” pungkas Karyadi.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR