Tingkatkan Minat Baca, Kaum Muda Nunukan Dirikan Relawan Kelas Inspirasi

Menyadari akan pentingnya pendidikan sebagai fondasi generasi yang handal dan tangguh, puluhan kaum muda di Kabupaten Nunukan tidak tinggal diam. Bertempat di Desa Mansapa,Kec.Nunukan Selatan-Kabupaten Nunukan, mereka hari ini menggelar Festival Pemuda dan launching Rumah Baca yang diresmikan oleh Bupati Nunukan, melalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan (Minggu 24/10/2016). Kegiatan ini sendiri akan diselenggarakan sampai tanggal 28 Oktober 2016,sedangkan untuk program Indonesia Mengajar akan terus berlanjut.

Bekerjasama dengan Kodim 0911/Nunukan,Puluhan Pemuda yang tergabung dalam Relawan Kelas Inspirasi ini bertekat mendedikasikan ilmu-ilmu yang mereka miliki untuk sebuah pengabdian, yakni dengan turun langsung ke pelosok-pelosokĀ  Kabupaten Nunukan untuk memotivasi anak-anak terutama yang tinggal di pedalaman agar timbul minat dalam membaca.

Asegaf, Ketua Panitia dari Festival Pemuda Nunukan mengatakan bahwa program Indonesia Mengajar akan menjadi salah satu kegiatan pokok dari gerakan mereka.

“Program ini disamping untuk memperkuat jalinan silaturahim,juga agar anak-anak timbul minat membaca. Kita menyadari, bahwa tidak sedikit anak-anak di Kabupaten Nunukan ini yang masih jauh tertinggal dengan anak-anak di perkotaan. Lewat program inilah kami berharap agar dengan membaca,mereka akan mendapatkan tambahan ilmu dan yang paling utama adalah mereka akan termotivasi untuk menjadi generasi yang handal” ujar Asegaf.

Asegaf juga mengaskan bahwa, kegitan ini juga untuk mengurangi buta aksara dan meningkatkan minat baca yang saat ini sedang menurun. “Jika ada anak-anak yang kita jumpai belum fasih membaca,kami akan ajari mereka sampai tidak buta aksara lagi ” Papar Asegaf.

Nunukan 2 kelas inspirasi

Mengingat bahwa Nunukan juga sebagai beranda terdepan NKRI yang berbatasan langsung dengan Malaysia,tentu dibutuhkan genarasi yang tangguh. Lewat program Indonesia Mengajar yang dilakukan Relawan Kelas Inspirasi ini diharapkan juga akan menumbuhkan rasa nasionalisme sejak dini dalam pribadi generasi muda. “Dari minat baca akan tumbuh keingintahuan,dari keingintahuan akan tumbuh keputusan. oleh karna itu lewat gerakan ini kami ingin berusaha memotivasi anak-anak akan pentingnya nasionalisme kenapa harus tumbuh dalam hati mereka” ungkapnya.

Disinggung masalah pendanaan untuk gerakan Kelas Inspirasi tersebut, Asegaf menjelaskan bahwa disamping dari para Relawan itu sendiri,mereka juga memotivasi masyarakat untuk berdonasi.

“Tidak dipungkiri kalau untuk menjangkau daerah pedalaman tentu perlu dana yang tidak sedikit. Untuk itu kita mencoba menggerakan hati masayarakat agar turut serta dalam program kami iniĀ  dengan donasinya. Dan Alhamdulillah,sampai saat ini antusiasme masyarakat untuk membantu gerakan kami ini sangat tinggi” pungkasnya.

Nunukan 3

Hadir dalam louncing Rumah Baca tersebut Dandim 0911/Nunukan, perwakilan Kapolres, dan masyarakat dari berbagai tempat di Kabupaten Nunukan. Pasca pengguntingan pita oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab.Nunukan, tampak anak-anak berebut masuk kedalam Rumah Baca dan seperti tidak sabar ingin mendapatkan bacaan favoritnya

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR