Tol Bocimi Difungsionalkan, Beragam Spanduk Ucapan Terimakasih Terbentang

Spanduk ucapan terimakasih warga karena Tol Bocimi sudah fungsional (Eko Octa)

Beragam spanduk ucapan terimakasih dari masyarakat membentang di jalur Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) sepanjang 15,3 kilometer, bersamaan beroperasinya jalan tol, Jumat (8/6/2018) sore. Pada hari kedua difungsionalkan, Sabtu (9/6/2018), tol Bocimi terpantau sudah dilintasi pada pemudik.

Jalur satu arah menuju Cigombong tersebut difungsionalkan hingga tanggal 19 Juni 2018 mendatang. Selanjutnya, pada pukul 00.00 WIB memasuki Sabtu (20/6/2018) lintasan tol Bocimi akan melayani arah balik dari Sukabumi-Cigombong menuju Bogor dan Jakarta.

Dilokasi tol, beragam spanduk terlihat dipasang warga. Salah satunya, bertuliskan “Jokowi datang, macet hilang”. Selain itu juga terdapat spanduk “Karena pak.Jokowi, tol Bocimi terealisasikan”. Bahkan, ada juga warga yang mengucapkan terimakasihnya lewat spanduk yang membentang di jembatan penyeberangan orang berbunyi “Karena pak Jokowi, mudik jadi lancar”.

Apresiasi terhadap keberadaan tol Bocimi (Eko Octa)
Apresiasi terhadap keberadaan tol Bocimi (Eko Octa)

Salah satu spanduk bertuliskan sindiran dan lucu juga terlihat dipasang di lokasi oleh warga setempat.
“Yang tidak setuju ganti presiden tidak usah klakson. Nanti masuk sorga”. Demikian tulisan di spanduk.

Salah seorang pengguna jalan tujuan Sukabumi mengaku, merasa nyaman dengan dibukanya tol Bocimi. “Saat ini, jarak tempuh ke Sukabumi hanya 30 menit dari yang semula 3 jam, sebelum ada tol,” ujar Gina Ginanjar, warga (35), warga Cibinong.

Sebelumnya, Kapolres Bogor, AKBP Andi M Dicky Pastika saat pembukaan tol Bocimi Jumat (8/6/2018) kepada wartawan mengatakan, hingga tanggal 19/6 fungsi tol Bocimi baru hanya untuk kendaraan mudik dari Jakarta dan Bogor menuju Cigombong dan Sukabumi. Setelah itu pada Sabtunya tanggal 20/6 hingga 24/6, jalur difungsikan untuk kendaraan pulang mudik dari Sukabumi-Cigombong menuju Bogor dan Jakarta. AKBP Dicky menegaskan, setelah resmi dilalui sejak Jumat sore, pihaknya akan melakukan evaluasi.

Spanduk plesetan yang menggambarkan dukungan terhadap Jokowi (Eko Okta)
Spanduk plesetan yang menggambarkan dukungan terhadap Jokowi (Eko Okta)

“Kondisi jalan bagus. Rambu-rambu masih terbatas, kalau marka jalan sudah ada. Intinya kami ingin pengguna jalan nyaman saat mudik,”kata AKBP Dicky.

Data Kementerian PUPR menyebut, Tol Bocimi bila sudah dioperasikan penuh, dapat mengurangi waktu tempuh Bogor-Sukabumi yang berjarak sekitar 67 km menjadi hanya 1-2 jam saja, dari semula sekitar 5 jam.

Ruas Tol Bocimi Seksi I akan terus dibuka secara fungsional tanpa tarif alias gratis hingga H+7 Lebaran, yakni mulai Jumat (8/6/2018) sampai 24 Juni 2018. Selama masa fungsional pun telah disiapkan tiga pintu tol, yakni di pintu Tol Ciawi, kilometer 6+300 Cimande atau Caringin, dan kilometer 15+300 Cijeruk atau Cigombong. Antisipasi kemacetan akan dilakukan dengan membuka Pintu Tol Caringin bila kepadatan panjang terjadi di pintu tol Cigombong. (ok)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR