Utusan Presiden Mesir Sampaikan Ucapan HUT ke-74 Kemerdekaan RI

Utusan Presiden Mesir, Mr. Karim Al Diwany ke Wisma Duta menemui Dubes RI di Mesir Helmy Fauzy, dalam rangka Kemerdekaan RI ke 74

Peringatan HUT ke-74 di KBRI Kairo memiliki makna yang dalam pada sejarah hubungan Indonesia-Mesir. Sebagai negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia, Mesir memiliki kedekatan historis dengan Indonesia. Kedekatan tersebut dibuktikan dengan kedatangan Utusan Presiden Mesir, Mr. Karim Al Diwany, ke Wisma Duta pada saat acara Syukuran HUT ke-74 RI tanggal 17 Agustus 2019, untuk menyampaikan ucapan selamat HUT Kemerdekaan RI secara langsung kepada Dubes RI dari Presiden Mesir.

“Kunjungan ini merupakan penghormatan tinggi yang ditunjukkan Pemerintah Mesir, karena tidak banyak negara yg mendapatkan kunjungan kehormatan tersebut pd saat HUT suatu negara,” jelas Duta Besar RI, Helmy Fauzy.

Mr. Karim Al Diwany menyampaikan langsung pesan Presiden Mesir bahwa hubungan erat kedua negara yang sudah ada layak terus dipupuk agar lebih kokoh dan tumbuh lebih besar. Untuk diketahui, Indonesia-Mesir membuka hubungan diplomatik pertama kali, ditandai dengan penandatanganan The Treaty of Friendship and Cordiality pada tanggal 10 Juni 1947 yang kemudian dilanjutkan dengan pembukaan Perwakilan RI di Kairo pada tahun 1949.

Utusan Presiden Mesir juga menyatakan betapa Mesir siap terus bergandengan tangan dengan Indonesia di berbagai forum baik bilateral maupun internasional. “Jika ada kebutuhan apapun, silakan kontak kami. Insya Allah Mesir akan selalu siap memberikan apa yang dibutuhkan,” katanya.

IMG-20190818-WA0012

Kedatangan Utusan Presiden Mesir tersebut menambah kemeriahan Peringatan HUT ke-74 RI di KBRI Kairo Mesir. Rangkaian Peringatan diawali dengan Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di halaman Wisma Duta KBRI Kairo. Dubes Helmy Fauzy bertindak selaku Inspektur Upacara, dengan Komandan Upacara, Kol. Arm. Alvin D.S.

Upacara dihadiri sekitar 200 peserta baik jajaran staf KBRI, mahasiswa dan masyarakat Indonesia, maupun murid-murid Sekolah Indonesia Kairo. Upacara yang dimulai pukul 08.30 waktu setempat berlangsung khidmat dan lancar.

Pengibaran bendera merah putih dilakukan oleh 16 pasukan pengibar bendera atau Paskibra yang terdiri dari siswa Sekolah Indonesia Kairo, dan Ma’had Al Azhar. Mereka bak Paskibraka yang tampil di Istana Negara berbaris rapi dan dengan semangat tinggi mengibarkan bendera merah putih di langit Mesir. Jerih payah latihan persiapan yang berlangsung selama 2 bulan terbayar dengan berkibarnya bendera Indonesia secara sempurna. “Saya bangga kepada para anggota Paskibra yg telah melaksanakan tugasnya dengan sangat baik,” ucap Dubes Helmy Fauzy.

Seusai upacara, rangkaian kegiatan dilanjutkan prosesi syukuran Peringatan HUT ke-74 RI. Syukuran ditandai dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan Dubes RI didampingi Ibu Dwi Ria Latifa, istri Dubes RI yang juga menjabat sebagai anggota DPR RI.

Dalam sambutannya, Dubes RI menyampaikan harapan dan semangat kemajuan Indonesia di masa mendatang melalui peringatan HUT RI. “Bangsa yang maju adalah bangsa yang mengenal jati dirinya, mengenal identitasnya sebagai anak bangsa,” ujar Dubes Helmy.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR